Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ketahui 5 Fakta Tanaman Hias Keladi, Salah Satunya Mengandung Racun!

Risna Halidi | Dinda Rachmawati Jum'at, 16 Oktober 2020 | 19:30 WIB

Ketahui 5 Fakta Tanaman Hias Keladi, Salah Satunya Mengandung Racun!
Calon pembeli melihat ragam tanaman hias di sentra penjualan tanaman di kawasan Ragunan, Jakarta, Minggu (19/7/2020).. [ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso]

Tanaman hias Keladi tengah naik kasta dan digandrungi banyak masyarakat. Eits, cari tahu dulu fakta-fakta tanaman tersebut!

SuaraJabar.id - Keladi yang biasanya tumbuh liar di sekitar pekarangan lembap atau got-got saluran air itu, kini masuk jajaran tanaman hias paling populer di 2020. Harga keladi beragam berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp1 juta. Makin rimbun daunnya, maka makin mahal juga harganya.

Nah, untuk mengenal tanaman yang berasal dari genus caladium (suku talas-talasan, Araceae), simak beberapa fakta menariknya yang Suara.com rangkum untukmu yuk!

1. Bentuk daunnya yang unik seperti hati
Penciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati atau jantung. Inilah yang juga membuatnya dikenal sebagai Heart of Jesus. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Karena itu, tanaman inu tidak pernah tumbuh lebih daripada 1 meter. Beberapa jenis dan hibridanya juga sering dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

2. Terdiri dari beragam jenis dengan kecantikan berbeda
Asal tumbuhan ini dari hutan Brasil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia. Diyakini ada 7 jenis tumbuhan bernama latin Caladium ini, dengan warna dan corak yang berbeda satu sama lain. Namun, kultivar dari tanaman ini ternyata bisa mencapai 1.000 jenis tanaman. Mulai dari keladi strawberry, keladi baret, keladi wayang, keladi tengkorak, keladi sexy pink, keladi infinity dan keladi susu yang memiliki kecantikannya masing-masing. Wah banyak banget ya.

Tumbuhan keladi, tanaman hias (Dok. Elements Envato)
Tumbuhan keladi, tanaman hias (Dok. Elements Envato)

3. Memiliki corak daun yang eksotis
Tanaman hias keladi juga busa dikatakan sebagai tumbuhan cantik nan eksotis. Ini bisa terluhat dari warna daunnya yang memiliki corak khusus. Mulai dari warna campur, putih dan merah hingga yang menyerupai batik atau stroberi. Inilah yang membuat keladi begitu menarik dan telah digunakan sebagai tanaman hias sejak akhir abad ke 18 di Eropa.

4. Beracun
Meski tanaman ini memiliki daun yang cantik dan eksotis, namun ternyata seluruh bagian keladi beracun. Menurut laman resmi Children’s Health Queensland Hospital and Health Service di Australia, racun pada tanaman keladi masuk kategori 2 dan 3. Untuk itu, tanaman keladi ini berbahaya bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing serta anak-anak kecil, karena jika daun atau bagian lainnya yang tidak sengaja tergigit, maka bisa menimbulkan rasa terbakar pada mulut.

5. Mudah dirawat
Keladi dapat bertahan pada cuaca panas maupun di tempat yang memiliki kelembapan tinggi. Saat musim hujan sekali pun, tanaman ini bisa berkembang dengan pesat jika dibanding tanaman lain yang mudah mati.

Begitupun untuk urusan media tanah, keladi tidak terlalu pemilih, asalkan ditanam pada tanah gambut maka pertumbuhannya akan sehat dan semakin cantik. Serta keladi juga hanya membutuhkan sedikit pemupukan yang membuatnya semakin subur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait