alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satgas Covid-19 Bogor Kecolongan! Habib Rizieq Diam-diam Tes Swab

Reza Gunadha Jum'at, 27 November 2020 | 18:32 WIB

Satgas Covid-19 Bogor Kecolongan! Habib Rizieq Diam-diam Tes Swab
Rizieq Shihab saat menghadiri kerumunan massanya (Foto: Antara)

Rumah Sakit (RS) Ummi tidak berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

SuaraJabar.id - Wali Kota sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengungkapkan fakta, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab diam-diam sudah melakukan tes swab.

Ia mengatakan, Habib Rizieq melakukan tes usap di sela-sela Salat Jumat, (27/11/2020) tadi siang.

Hal tersebut sangat disayangkan Bima Arya yang juga sebagai Wali Kota Bogor.

Karena, dia menilai pihak Rumah Sakit (RS) Ummi tidak berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Baca Juga: Soal Kondisi Habib Rizieq Shihab, Begini Kata Menantu

"Saya menjelang Jumat berkomunikasi dengan Dirut RS Ummi yakni dr. Andi. Disampaikan bahwa dokternya dalam perjalanan. Kemudian setelah Jumatan, saya mendapatkan info bahwa habib telah dilakukan swab test, tanpa mengabari kami sebagai Satgas Covid-19 Kota Bogor," katanya kepada wartawan di Balai Kota Bogor, Jumat (27/11) sore.

"Kita sangat sayangkan hal itu, karena tidak komunikasi terlebih dahulu dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor. Saya kemudian berkomunikasi dengan dr. Andi, katanya beliau juga tidak tahu. Bahwa swab itu dilakukan secara diam-diam," sambung politikus PAN tersebut.

Suasana RS Ummi Bogor, Jawa Barat, tempat Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab dirawat, Kamis (26/11/2020). [Suara.com/Andi Ahmad Sulaendi]
Suasana RS Ummi Bogor, Jawa Barat, tempat Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab dirawat, Kamis (26/11/2020). [Suara.com/Andi Ahmad Sulaendi]

Menurut Bima, swab yang dilakukan kepada pentolan Front Pembela Islam (FPI) tersebut dilaksanakan di sela-sela Salat Jumat, dan pada saat itu seluruh pegawai sedang menjalani Salat Jumat.

"Artinya dalam hal ini pihak RS Ummi tidak berkoordinasi dengan kami. Saya menyampaikan itu kepada dr. Andi. Karena penting bagi kami memastikan bahwa prosedurnya sesuai dengan protokol kesehatan, dan ketentuan tim yang melakukan swab itu siapa? Dan dikirim ke LAB (Laboratorium) mana?" kesal Bima.

Ia juga menyampaikan, bahwa Satgas Covid-19 Kota Bogor mendapatkan informasi dari pihak RS Ummi, yang melakukan swab test kepada Habib Rizieq Shihab tersebut merupakan tim dari MER-C (relawan yang tidak terdaftar di Satgas Covid-19).

Baca Juga: Belum Panggil Habib Rizieq soal Dugaan Pelanggaran Prokes, Ini Kata Polisi

"Kami mendapatkan keterangan juga, bahwa yang melakukan swab adalah dari tim MER-C, dan juga hasilnya dikirim ke laboratorium MER-C Jakarta, yang informasinya tidak terdaftar yang ditunjuk Kemenkes, gitu katanya," imbuhnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait