alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nabi Muhammad Larang Pakai Masker saat Salat, Benarkah?

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 04 Desember 2020 | 05:00 WIB

Nabi Muhammad Larang Pakai Masker saat Salat, Benarkah?
Foto saat Anies Baswedan salat di Polda Metro Jaya. (Twitter/Khairudin Safri)

"Sungguh Rasulullah SAW melarang seorang laki-laki menutup mulutnya ketika salat"

SuaraJabar.id - Video ceramah seorang ustaz yang menyampaikan keterangan tidak boleh menggunakan masker saat shalat beredar di aplikasi percakapan Whatsapp. Dalam video itu, sang ustaz mengutip sebuah hadis yang ia klaim diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

"Sungguh Rasulullah SAW melarang seorang laki-laki menutup mulutnya ketika salat"

Ustaz tersebut kemudian melanjutkan pemaparannya. Menurutnya menggunakan masker adalah anjuran dari pemerintah, namun salat juga memiliki aturan yang tak bisa diabaikan.

"Jadi kita memang harus mengikuti anjuran pemerintah, tetapi pada saat kita mau shalat, sebaiknya itu masker diturunkan ke bawah mulut. Sehingga (mulut) tidak tertutup," jelas ustaz itu.

Baca Juga: Jasa Cat Duco: Semangat Bertahan di Era Pandemi

Ustaz itu menerangkan, masker boleh digunakan kembali setelah mengucap salam, yakni berakhirnya rukun salat.

Ketua Satuan Koordinasi Penanganan Covid-19 RMI PBNU, Ulun Nuha angkat bicara mengenai video ini. Menurutnya, video yang beredar di masyarakat itu merupakan video lama.

"Dan saya biasanya diam tidak comment. Tapi kemarin nama saya beberapa kali disebut dan diminta berpendapat. Diskusi di group saya perhatikan juga dinamis dan sudah mulai ada arah angin untuk mengiyakan fatwa ini," ujar Ulum Nuha dikutip dari Jabar.NU.or.id.

Periwayat hadits yang disebut oleh ustaz dalam video tersebut kurang tepat. Ia menyebut hadis riwayat Imam Tirmidzi, padahal dalam kitab Sunan Tirmidzi tidak ada hadis sebagaimana di sebut ustadz tersebut.

Menurutnya, ada hadits sejenis diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud.

Baca Juga: Bisnis Migas Babak Belur Dihajar Corona

: . ( )

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait