alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pembatalan Piala Asia U-19 dan U-16 Belum Disahkan Exco AFC

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha Rabu, 20 Januari 2021 | 22:38 WIB

Pembatalan Piala Asia U-19 dan U-16 Belum Disahkan Exco AFC
Logo AFC [AFP]

Pembatalan dua turnamen kelompok umur itu harus disahkan oleh Komite Eksekutif AFC.

SuaraJabar.id - Pembatalan dua turnamen kelompok umur, Piala Asia U-19 dan Piala Asia U-16, ternyata belum final. Pasalnya, pembatalan tersebut belum disahkan oleh Komite Eksekutif (Exco) AFC.

Status Pembatalan dua kejuaraan tersebut saat ini baru putusan Komite Kompetisi AFC.

Memang, sejauh ini AFC belum mengumumkannya secara resmi. Hanya saja, federasi negara peserta di kejuaraan tersebut telah menerima surat pembatalan termasuk PSSI.

PSSI turut mengumumkan pembatalan Piala Asia U-16 dan U-19 2020 pada 15 Januari kemarin.

Baca Juga: Exco PSSI Belum Bahas Regulasi Kompetisi 2021

Dua kejuaraan tersebut akan kembali bergulir pada 2023 dengan perubahan nama Piala Asia U-17 dan U-20 di mana Bahrain dan Uzbekistan tetap jadi tuan rumah.

Piala Asia U-19 2020. (Dok. AFC).
Piala Asia U-19 2020. (Dok. AFC).

"Berdasarkan surat resmi yang diterima PSSI pada 15 Januari 2021, Komite AFC membatalkan kompetisi akibat pandemi COVID-19 dan memutuskan jadwal penyelenggaraan kompetisi baru, baik kompetisi secara keseluruhan termasuk sepakbola wanita, futsal dan sepak bola pantai," tulis PSSI, Jumat (15/1/2021).

Seperti dikutip dari media asal Malaysia, myMetro, bahwa keputusan Komite Kompetisi akan dibawa lebih dahulu ke rapat Komite Eksekutif (Exco) AFC pada 25 Januari.

"Sejauh ini, keputusan Komite Kompetisi ingin membatalkan turnamen karena menghadapi beberapa kendala termasuk kemungkinan mundurnya tim," kata Datuk Windsor Paul selaku Sekjen AFC.

"Meski sudah diputuskan komite, namun hal itu harus difinalisasi dalam rapat Exco."

Baca Juga: Hentikan Kompetisi Musim 2020, Bhayangkara Solo FC Apresiasi Keputusan PSSI

"Harus kami akui, kalender 2021 mungkin agak suram, karena di pertemuan Exco juga akan menentukan nasib kompetisi yang melibatkan tim U-15 dan tim pengembangan," tambahnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait