alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Benarkah Ledakan Kilang Minyak Balongan akibat Serangan Teroris?

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 02 April 2021 | 15:10 WIB

Benarkah Ledakan Kilang Minyak Balongan akibat Serangan Teroris?
Hoaks Kebakaran Kilang Minyak Pertamina. [Tangkapan Layar]

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago menjelaskan dugaan sementara terjadinya ledakan kilang minyak di Balongan disebabkan oleh adanya indikasi kebocoran tangki.

SuaraJabar.id - Polisi belum menyimpulkan penyebab meledak dan terbakarnya kilang minyak Pertamina di Balongan. Masih adanya kobaran api hingga Jumat (2/4/2021) membuat polisi masih sulit untuk melakukan penyidikan.

Tangki minyak milik PT Pertamina di Balongan, Kabupaten Indramayu ini meledak dan terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari lalu.

Meski belum ada keterangan resmi mengenai penyebab insiden itu, beredar informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Seperti yang diunggah oleh akun @terror_alarm membuat utas di Twitter dengan menyebut dalam bahasa Inggris, bahwa ledakan kilang tersebut akibat serangan teroris.

#BREAKING: Second terrorist attack in Indonesia:
A massive explosion and raging fire engulfed a Balongan oil refinery in the Indramayu region of Indonesia. Many people were wounded and killed.
#Indonesia

Baca Juga: Terobos Masjidil Haram, Pria Bersenjata Tajam Teriak Dukung Teroris

Demikian narasi pada utas @terror_alarm yang diunggah di hari yang sama terjadi ledakan, 29 Maret 2021. Sampai berita ini dibuat, utas tersebut telah mendapatkan 650 re-tweet, 403 quote tweet, dan 1.450 likes.

Pemeriksaan Fakta

Cek Fakta Ayobandung.com-jejaring Suara.com menelusuri fakta-fakta dan analisis-analisis yang berkaitan dengan ledakan minyak Balongan di Indramayu.

Analisis pertama dari Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago. Ia menjelaskan, dugaan sementara terjadinya ledakan kilang minyak di Balongan, Indramayu disebabkan oleh adanya indikasi kebocoran tangki.

Menurut dia, ada dua kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran itu, antara lain yakni karena kebocoran atau dari adanya petir yang menyambar ke tangki minyak.

Baca Juga: Kebakaran Susulan Terjadi di Balongan, sebelumnya Walhi Peringatkan Ini

Namun, kata dia, sejumlah spekulasi itu masih perlu dibuktikan dengan menunggu dimulainya proses olah tempat kejadian perkara (TKP). Karena menurutnya sejauh ini pihak Pertamina masih berupaya mengontrol situasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait