facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jangan sampai Terlewat, Ini Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 30 April 2021 | 16:25 WIB

Jangan sampai Terlewat, Ini Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]

"Aku melihat bahwa mimpi kalian (tentang Lailatul Qadar) terjadi pada tujuh malam terakhir. Maka barang siapa yang mau mencarinya maka carilah pada tujuh malam terakhir.

SuaraJabar.id - Malam Lailatul Qadar atau yang dikenal sebagai Malam Seribu Bulan selalu ditunggu kedatanagnnya oleh umat Islam di sepertiga akhir bulan Ramadhan.

Malam yang sangat istimewa ini waktu tepatnya dirahasiakan oleh Allah SWT. Namun, Allah melalui Nabi Muhammad SAW memberikan petunjuk mengenai tanda-tanda datangnya malam yang mulia ini.

Ustadz Ahmad, Lc MA, dalam bukunya "Jaminan Mendapat Lailatul Qadar" mengatakan di antara tanda seorang hamba mendapatkan Lailatul Qadar adalah merasakan kelezatan ibadah pada malam harinya.

Rasulullah SAW mengabarkan malam tersebut datang pada malam-malam ganjil Ramadan.

Baca Juga: Penjual Parsel Lebaran Mulai Bangkit Ditengah Pandemi

"Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa ciri Lailatul Qadar adalah bila orang-orang yang beribadah pada malam tersebut merasakan lezatnya ibadah, ketenangan hati dan kenikmatan bermunajat kepada Rabb-nya tidak seperti malam-malam lainnya," kata Ustadz Ahmad.

Namun, dari sekian banyak riwayat yang menunjukkan bahwa malam Lailatul Qadar ini mempunyai tanda dan alamat yang bisa diketahui dan dirasakan, tidak berarti bahwa setiap orang dapat mengatahui dan merasakannya.

Menurut dia, seorang Muslim yang menghidupkan malam-malam Ramadannya, memungkinkan baginya mendapatkan Lailatul Qadar itu tanpa dia ketahui tanda malam mulia tersebut.

Dia mengutip Imam Ath Thabari, bahwa mengetahui tanda Lailatul Qadar itu bukan sesuatu yang pasti dan dapat dirasakan semua orang yang menghidupkan malam tersebut.

"Itu (tanda-tanda Lailatul Qadar) tidak mesti, seorang Muslim bisa saja mendapatkan malam mulia tersebut dan ia tidak melihat atau mendengar sesuatu dari tanda-tanda itu," katanya.

Baca Juga: #SilaturahmiFromHome Ajak Masyarakat Berdonasi bagi Korban Covid-19

Cahaya mentari redup menjadi tanda Qadar dan hal ini sesuai hadits Nabi yang menginformasikan ciri malam Qadar adalah bila ada cahaya mentari lemah, cerah tak bersinar kuat keesokannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait