alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Curhat Hengky Selama 2,5 Tahun Dampingi Aa Umbara; Tak Dilibatkan Pengambilan Kebijakan

Chandra Iswinarno Jum'at, 30 Juli 2021 | 15:07 WIB

Curhat Hengky Selama 2,5 Tahun Dampingi Aa Umbara; Tak Dilibatkan Pengambilan Kebijakan
Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengaku selama 2,5 tahun mendampingi Aa Umbara tak pernah dilibatkan dalam pengambilan kebijakan untuk perkembangan wilayah tersebut.

SuaraJabar.id - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengaku selama menjadi orang nomor dua di Kabupaten Bandung Barat (KBB) lebih banyak berkutat dengan kegiatan dan program pribadinya.

Sesekali dia mengaku kerap menggantikan peran Aa Umbara sebagai pimpinan rapat paripurna.

Namun untuk kegiatan pembahasan semacam anggaran dan rotasi dan mutasi pegawai dirinya tak pernah dilibatkan Aa Umbara Sutisna yang kalau itu menjabat Bupati Bandung Barat.

"Saya bicara apa adanya. Jadi silakan dicek ke OPD dan notulen rapat pernah enggak dalam 2,5 tahun saya dengan bupati duduk bareng membahas, misalnya APBD mau dibawa ke mana? Program seperti apa? Memang tidak dilibatkan," ungkap Hengky saat dihubungi pada Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: KBB Ditongkrongi KPK, Hengky Kurniawan Jamin Pelayanan Tetap Optimal

Hal tersebut sudah Hengky sampaikan ketika dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi saksi kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2020 dengan tersangka Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna.

"Materi pemeriksaan di KPK kemarin saya sampaikan apa adanya, normatif. Memang faktanya seperti. Program di 2020 termasuk penyusunan APBD dan Bansos Covid-19, saya kan tidak dilibatkan," ungkap Hengky.

Hengky juga menyebut jika penyidik KPK menanyakan perannya sebagai Wakil Bupati Bandung Barat dalam penanganan Covid-19 pada tahun 2020 hingga 2021 dan peran lainnya dalam menjalankan roda pemerintahan di Bandung Barat.

"2020 itu saya sempat statement APBD itu pro rakyat jangan pro keluarga, ya memang itu yang saya sampaikan karena memang tidak dilibatkan jadi tidak tahu seperti apa," beber Hengky.

Hengky mengaku, selama 2,5 tahun tak diberi peran apapun Aa Umbara, namun itu tak terlalu masalah baginya. Dirinya menerima kebijakan yang diambil Aa Umbara.

Baca Juga: KBB Minim Kunjungan Wisatawan saat Lebaran, Ini Kata Hengky Kurniawan

"Artinya kan bagaimana atasan atau partner saya. Kalau memang dilibatkan, dengan senang hati. Tapi kalau di rapat tak dilibatkan ya mau bagaimana lagi," jelasnya.

Baca Juga

Berita Terkait