alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ngeri! Sekolah di Cianjur Jadi Sarang Makhluk Malam Ini

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 03 Agustus 2021 | 11:49 WIB

Ngeri! Sekolah di Cianjur Jadi Sarang Makhluk Malam Ini
Ratusan hingga ribuan kelalawar bersarang di atap gedung sebuah sekolah di Cianjur. [Cianjur Today]

Sulit dihitung dengan jari, karena bila sudah keluar dari sarangnya itu terlihat banyak," ujar seorang tokoh masyarakat di sekitar sekolah yang ada di Cianjur itu.

SuaraJabar.id - Diduga akibat tak ada kegiatan belajar mengajar atau KBM sejak lama, sebuah sekolah di Cianjur malah dijadikan sarang oleh gerombolan kelelawar.

Ratusan hingga ribuan kelelawar tersebut bersarang di gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Haurwangi yang berada di Kampung Raksabala, Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Mereka dikabarkan menetap menetap di atap bangunan ruang kepala sekolah dan guru sejak beberapa tahun lalu. Namun jumlahnya bertambah banyak dalam beberapa waktu ini.

Hewan itu setiap petang sekitar pukul 17.00 Wib keluar melalui lubang angin atap bangunan untuk mencari makanan.

Baca Juga: Waduh, Sudah Dua Pekan Stok Vaksin di Cianjur Kosong

Tokoh Masyarakat Haurwangi, Endang Kohar Efendi (55) menjelaskan, gerombolan kelelawar yang bersarang di SMPN 1 Haurwangi memang sejak dulu sudah ada. Namun dulu tidak sebanyak seperti saat ini.

“Sulit dihitung dengan jari, karena bila sudah keluar dari sarangnya itu terlihat banyak. Keluar jam 17.00 Wib dan berhentinya sekitar 18,30 Wib. Tiap keluar menjadi tontonan warga sekitar,” ujarnya dikutip dari Cianjur Today-jejaring Suara.com, Senin (2/8/2021).

Ia meneruskan, sejak dulu ketika masih ada bangunan peninggalan Belanda, sekolah itu sudah dijadikan tempat bersarang kelelawar dan burung gereja.

Kini keberadaan kelalawar semakin banyak sejak tidak adanya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

“Gerombolannya cukup banyak, ketika terbang keluar mencari makanan terlihat hitam pekat berjalan cepat,” tambahnya.

Baca Juga: Warga Cianjur Diminta Waspada Gelombang Tinggi Pantai Apra

Sementara itu Kepala SMPN 1 Haurwangi, Emod menambahkan, bau kotoran kelalawar di atas bangunan ruang guru dan kepala sekolah kerap terhirup.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait