facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pesan Suara Sebut Wali Allah di Surade Viral, Polisi Selidiki Dugaan Fitnah

Eleonora PEW Sabtu, 02 Oktober 2021 | 15:44 WIB

Pesan Suara Sebut Wali Allah di Surade Viral, Polisi Selidiki Dugaan Fitnah
Foto yang ikut disebar bersama dengan pesan suara yang menyebut ada Wali Allah di Surade, Kabupaten Sukabumi. [Sukabumiupdate.com/Istimewa]

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra menyatakan, pihaknya telah mengumpulkan keterangan dari kejadian ini.

SuaraJabar.id - Warga Sukabumi dihebohkan dengan viral-nya pesan suara yang menyebutkan, seorang ustaz di Surade mengaku sebagai Wali Allah (Waliyullah).

Kepolisian pun menindaklanjuti kehebohan tersebut setelah mendapat laporan dari pihak yang dirugikan.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra menyatakan, pihaknya telah mengumpulkan keterangan dari kejadian ini.

Dedy mengungkapkan, Satreskrim Polres Sukabumi telah menerima laporan dugaan fitnah terhadap seseorang yang disebut mengaku sebagai Wali Allah pada Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Viral Nyi Roro Kidul Lantik Wali Allah, Ustadz Encep Angkat Bicara

"Dari hasil pengumpulan bahan keterangan, ustaz yang dimaksud tidak pernah menyatakan dirinya sebagai wali. Yang bersangkutan pun merasa dirugikan dan melaporkan kejadian ini ke Polres Sukabumi," kata Dedy dalam keterangan tertulis kepada awak media, Sabtu (2/10/2021).

Hingga saat ini ini, kata Dedy, pihaknya masih menyelidiki kejadian tersebut dengan berbagai upaya.

"Upaya yang dilakukan sampai saat ini masih dalam mengumpulkan alat bukti, keterangan saksi, dan lain-lain," ujar dia mengakhiri keterangannya kepada wartawan.

Sebelumnya diberitakan, warga Surade, Kabupaten Sukabumi, dihebohkan dengan Pesan Suara yang menyebut salah satu tokoh agama bernama Ustaz Encep sudah dilantik Nabi Haidir dan Nyi Roro Kidul untuk menjadi Wali Allah (Waliyullah). Tidak diketahui siapa yang berbicara di balik Pesan Suara yang tersebar di sejumlah grup WhatsApp itu.

Dalam beberapa hari terakhir, grup WhatsApp warga Surade menerima Pesan Suara yang bernada seperti suara laki-laki. Kiriman Pesan Suara berdurasi 2 menit dan 21 detik ini menjelaskan sebuah foto yang juga disebar bersamaan dengan Pesan Suara yang dimaksud. Berikut ucapan yang disampaikan pesan suara tersebut.

Baca Juga: Viral Motor Scoopy Hilang Misterius Lalu Ditemukan Tergeletak di Samping Kuburan

"Perhatikan untuk rekan-rekan. Yang tidak pakai baju itu Ustaz Encep, pemimpin pesantren, yang mengaku sekarang sudah dilantik oleh Nabi Haidir dan Nyi Roro Kidul untuk menjadi Waliyullah. Adalagi katanya dia lagi naikin ilmu. Yang kedua, itu Ustaz Samsul yang pakai baju hitam, itu pengurus GOIB Kecamatan Surade yang sudah dipecat. Yang ketiga pakai kaus putih, kepalanya diikat, itulah yang dipanggil abah-abah, itu orang Malang, nama lengkapnya sudah ada di atas kyai haji apa gitu, di Malang pengurus NU juga. Itulah yang mengaku dia sudah bolak-balik ke Arasy dan sudah jaminan ke surga. Terus yang keempat, itu lurah Bakang, pakai baju kuning, sorban putih, kopiah hitam, ini pendamping hukum para APDESI, para lurah se-Kecamatan Surade, itu Bakang, lurah Cipeundeuy. Terus satu lagi pihak kepolisian, ana gak paham. Itu ya, orang-orang yang selama ini, yang sekarang kita lagi bahas, itu Wali Encep yang gak pakai baju. Kalau ana sih bukan siapa-siapa dengan dia, masih keluarga ana, keluarga dekat ana itu. Bapaknya Si Encep ini Kyai Haji Empah, biasa dipanggil Kang Empah. Terus di situ ada juga Kyai Usman. Itu kyai-kyai yang Memang mesantren. Kyai-kyai keilmuan juga lumayan. Tapi ya, heran juga sekarang jadi gak bisa berbuat apa-apa. Begitu teman-teman, silakan disikapi dan dikaji," bunyi pesan suara tersebut.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait