facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sungai Cibala Meluap, Tiga Kampung di Cianjur Terendam Banjir

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 02 November 2021 | 13:46 WIB

Sungai Cibala Meluap, Tiga Kampung di Cianjur Terendam Banjir
Banjir menggenangi permukiman warga di Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Selasa (2/11/2021). [ANTARA/Ahmad Fikri]

Hujan yang turun sejak dua hari lalu telah menyebabkan air Sungai Cibala meluap dan membanjiri permukiman warga di Kampung Pos, Kampung Kaum, dan Kampung Paratag, Cianjur.

SuaraJabar.id - Sungai Cilaba di Kabupaten Cianjur meluap. Akibatnya, tiga Kampung di Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara terendam banjir.

Dari keterangan Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Ade, hingga Selasa (2/11/2021) pagi, ada 80 rumah warga yang terendam banjir.

"Laporan sementara dari petugas di lapangan hingga Selasa pagi 80 rumah warga terendam air bah setinggi pinggang orang dewasa akibat air Sungai Cibala meluap," kata Ade, Selasa (2/11/2021) dikutip dari Antara.

"Seratusan jiwa terpaksa diungsikan karena takut banjir semakin tinggi dan hujan kembali turun lebat saat malam hari," katanya.

Baca Juga: Warga Cipinang Melayu Korban Banjir: Kami Sudah Lelah, Pak Anies Tolong Diperhatikan!

Ia menjelaskan bahwa hujan yang turun sejak dua hari lalu telah menyebabkan air Sungai Cibala meluap dan membanjiri permukiman warga di Kampung Pos, Kampung Kaum, dan Kampung Paratag di Desa Sukanagara.

Menurut dia, petugas BPBD, TNI, Polri, dan sukarelawan sudah dikerahkan untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir di ketiga kampung tersebut.

Sebagian warga kampung terpaksa meninggalkan rumah untuk mengungsi karena tinggi genangan sampai sepinggang orang dewasa.

"Perempuan dan anak-anak diungsikan hingga esok hari ke sejumlah tempat, untuk kaum pria menjaga perkampungan masing-masing," kata kata Dedin (36), warga Kampung Pos.

Ia menambahkan, saat ini warga masih bahu membahu menyelamatkan barang-barang dari rumah warga yang kebanjiran.

Baca Juga: Banjir Hingga Dua Meter Rendam Ribuan Rumah di Melawi, Warga: Atap Rumah Hampir Terrendam

"Hingga saat ini belum ada laporan (bahwa ada) korban," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait