facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Tempat Wisata Kuningan Unik, Rekomendasi Liburan Tahun Baru 2022

Pebriansyah Ariefana Selasa, 16 November 2021 | 15:36 WIB

10 Tempat Wisata Kuningan Unik, Rekomendasi Liburan Tahun Baru 2022
Gunung Ceremai (Shutterstock)

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan warisan budaya dan keindahan alamnya.

SuaraJabar.id - Rekomendasi 10 tempat wisata Kuningan yang unik untuk liburan akhir tahun 2021 dan merayakan Tahun baru 2022. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan warisan budaya dan keindahan alamnya.

Salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki daya pikat tersendiri adalah Kabupaten Kuningan. Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat, Indonesia.

Kuningan merupakan kabupaten yang telah berdiri sejak 1 September 1498, yakni 523 tahun. Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk pada tahun 2020 sebanyak 4.140.777 jiwa yang didominasi masyarakat beragama Islam.

Melihat asal mula nama kuningan adalah diambil dari nama logam ‘Kuningan’. Kuningan merupakan logam yang terbuat dari bahan campuran timah, perak, dan perunggu.

Baca Juga: Petani Jawa Barat Diminta Tak Tanam Sayuran di Daerah Rawan Bencana

Kabupaten Kuningan terletak pada bagian timur Jawa Barat, tepatnya berbatasan dengan sebelah Utara yakni Kabupaten Cirebon, sebelah Timur yakni Kabupaten Brebes, sebelah Selatan yakni Kabupaten Ciamis dan Cilacap, sebelah Barat yakni Kabupaten Majalengka.

Kabupaten ini memiliki topografi yang bervariasi. Permukaan tanah Kabupaten Kuningan relatif datar dan sedikit berbukit-bukit. Selain topografi yang unik, Kabupaten Kuningan juga memiliki kisah sejarah yang unik.

Kabupaten Kuningan memiliki berbagai kisah sejarah dari mulai masa pra sejarah, masa hindu, Islam, dan pasca kemerdekaan. Tiap-tiap masanya Kabupaten Kuningan memiliki warisan leluhur yang turun temurun dan tempat-tempat bersejarah yang menjadi tempat berkunjungnya wisatawan.

Beberapa warisan leluhur tersebut adalah makanan khas, adat istiadat, dan lain sebagainya. Sedangkan tempat wisata yang ada di Kuningan terdiri dari wisata alam, wisata budaya, wisata ziarah, wisata adat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, berikut tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

1. Waduk Darma

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Warga Jabar Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem

Waduk Darma di Kuningan, Jawa Barat. (Instagram/@eggipratama)
Waduk Darma di Kuningan, Jawa Barat. (Instagram/@eggipratama)

Waduk Darma merupakan tempat wisata Kuningan yang terletak di Desa Jagara, Darma. Waduk ini berfungsi sebagai penampung air yang digunakan untuk pengairan, perikanan, dan rekreasi.

2. Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan merupakan tempat wisata Kuningan. Destinasi alam ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Air terjun yang jernih, suasana yang tenang, udara yang segar menjadi tempat pelepas penat terbaik.

3. Ipukan

Ipukan merupakan tempat wisata Kuningan yang menghadirkan suasana indah dan tenang. Ipukan merupakan bumi perkemahan yang berada di dekat Gunung Ciremai. Saat pengunjung mendatangi Ipukan, pengunjung juga dapat mengunjungi destinasi wisata di sekitarnya.

4. Curug Gongseng

Curug Gongseng merupakan tempat wisata Kuningan yang merupakan wisata alam. Curug Gongseng adalah wisata alam berupa air terjun. Air terjun tersebut terjatuh di sela-sela bebatuan pada kolam kecil di bawahnya.

5. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai merupakan tempat wisata Kuningan yang berada di Gunung Ciremai. Gunung Ciremai merupakan gunung soliter tertinggi di Jawa Barat. Taman ini merupakan taman nasional yang berfungsi sebagai sistem pelestari ekosistem serta fungsi hidrologis.

6. Sukageuri View

Sukageuri View merupakan tempat wisata Kuningan yang menghadirkan pemandangan alam yang sangat indah dan dapat dilihat dari atas. Sukageuri View juga menyediakan fasilitas gazebo, spot foto, mushola, tempat makan untuk wisatawan.

7. Paralayang Paragliding Warujimu Citangtu

Objek wisata Paralayang Paragliding Warujimun Citangtu merupakan tempat wisata Kuningan dengan pesona keindahan yang sangat menarik. Penduduk dapat melakukan paralayang untuk menikmati keindahan alamnya.

8. Situ Wulukut

Situ Wulukut merupakan tempat wisata Kuningan. Situ Wulukut berlokasi di Desa Kertayuga. situ Wulukut menghadirkan danau yang indah dan tenang.

9. Open Space Gallery Kuningan

Open Space Gallery Kuningan merupakan tempat wisata Kuningan berupa tempat penyimpanan barang-barang bersejarah. Di sini kerpa diadakan pagelaran seni. Pengunjung pun dapat memahami nilai-nilai budaya Kabupaten Kuningan.

10. Talaga Surian

Talaga Surian merupakan tempat wisata Kuningan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Kawasan ini menghadirkan keindahannya karena adanya hutan pinus yang menjulang tinggi membuat suasana terasa sejuk.

Demikian penjelasan tempat wisata Kuningan yang menarik untuk dikunjungi. Pendatang baru tentu saja wajib mengunjungi tempat-tempat di atas untuk menikmati liburan dan lebih mengenal Kabupaten Kuningan. Kabupaten Kuningan merupakan kabupaten yang memiliki tempat-tempat wisata yang sangat indah.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait