alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Petugas Kesulitan Tebang Pohon yang Bikin Warga Takut Lewat Jalan Palabuhanratu-Cisolok

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 23 November 2021 | 15:16 WIB

Petugas Kesulitan Tebang Pohon yang Bikin Warga Takut Lewat Jalan Palabuhanratu-Cisolok
Kondisi pohon miring di jalan nasional Palabuhanratu - Cisolok, tepatnya di Kampung Sukawayana, Desa/Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Senin (22/11/2021). [Sukabumiupdate.com]

"Pohonnya keras. Mesin penebang pun sempat bermasalah," kata dia usai menebang pohon yang sempat bikin warga takut lewat Jalan Palabuhanratu-Cisolok itu.

SuaraJabar.id - Warga yang biasa melintasi Jalan Nasional Palabuhanratu-Cisolok di Kabupaten Sukabumi kini bisa bernapas lega. Pasalnya, pohon mahoni besar yang sempat membuat warga takut lewat jalan itu kini telah ditebang.

Pohon mahoni besar yang sempat membuat warga takut tersebut ditebang oleh Tim gabungan dari Forum Komunikasi SAR Daerah atau FKSD Kabupaten Sukabumi.

Sebelum ditebang, pohon tersebut kondisinya miring dan nyaris tumbang ke badan jalan.

Bukan hal mudah menebang pohon mahoni tua tersebut. Petugas membutuhkan waktu selama empat jam saat menebang pohon tersebut pada Senin (22/11/2021).

Baca Juga: PT SPN Tanam Eboni, Pohon Penghasil Kayu Hitam Khas Sulawesi

Ketua FKSD Kabupaten Sukabumi Okih Fajri mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menebang pohon tersebut karena usia pohon tersebut sudah tua sehingga kayunya menjadi keras.

"Pohonnya keras. Mesin penebang pun sempat bermasalah," kata Okih.

Okih menyebut, penebangan pun dilakuan hasil koordinasi Muspika Cikakak. Penebangan oleh tim gabungan dan warga menggunakan beberapa alat seperti gergaji senso, golok, tambang, tangga, dan body safety.

Tak hanya pohon tersebut, Okih juga mengungkapkan ada beberapa pohon lain yang dinilai rawan tumbang karena sudah tua dimakan usia di sepanjang ruas jalan nasional Palabuhanratu - Cisolok. Namun, Okih belum bisa memastikan jumlah pohon yang dianggap membahayakan ini.

"Jumlah pastinya harus dicek dulu," ungkap dia.

Baca Juga: Geng Motor Tebar Teror di Sukabumi, Mantan Anggota Ungkap Fakta Mengejutkan

Berdasarkan laporan yang diterima, Okih berujar, pohon rawan itu antara lain di Jalan Kampung Sahabat Cikakak, di mana pohon mahoni sudah tua dikhawatirkan tumbang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait