facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menganggur di 2022? Cara Melamar Kerja dengan Baik, Pakai CV Kronologis dan CV Fungsional

Pebriansyah Ariefana Kamis, 20 Januari 2022 | 13:08 WIB

Menganggur di 2022? Cara Melamar Kerja dengan Baik, Pakai CV Kronologis dan CV Fungsional
Simulasi interview dengan melihat surat lamaran kerja

CV merupakan biodata atau daftar riwayat hidup. Umumnya di dalam CV terdapat riwayat pendidikan, pengalaman kerja.

SuaraJabar.id - Cara melamar kerja dengan baik dan cara membuat CV untuk melamar kerja. Anda mempunyai 2 pilihan. Pakai CV Kronologis atau pakai CV Fungsional.

Dikutip dari AyoMalang, CV merupakan biodata atau daftar riwayat hidup. Umumnya di dalam CV terdapat riwayat pendidikan, pengalaman kerja.

Dalam proses melamar kerja dan proses rekrutmen, CV ini menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh HRD perusahaan.

Berikut penjelasan CV kronologis dan CV Fungsional:

Baca Juga: 3 Sifat yang Harus Diterapkan Saat Wawancara Kerja, Jangan Diremehkan!

1. CV Fungsional

Jika kamu tidak termasuk kategori di atas, masih ada alternatif format CV menarik yang bisa digunakan, yaitu CV Fungsional.

CV Fungsional merupakan format yang menonjolkan skill atau keterampilan yang dimiliki. Hal pertama yang dituliskan setelah informasi pribadi adalah bagian keterampilan.

Karena tujuan dari format ini adalah menunjukkan keterampilan, pelamar kerja bisa menghilangkan tahun, jabatan, dan peran saat bekerja.

Apabila kamu belum ada pengalaman kerja, tidak menjadi masalah. Dengan kamu memiliki projek sendiri, maka tetap bisa membuat CV yang menarik dan tetap menunjukkan kualifikasi yang dimiliki serta keterampilan yang dikuasai sesuai fungsi-fungsi yang pernah dijalani.

Baca Juga: Cara Bikin CV untuk Lamaran Kerja dan Daftar Membuat CV Online

2. CV Kronologis

Bisa dikatakan Curriculum Vitae dengan format kronologis adalah format yang paling umum digunakan oleh para pelamar kerja. Dimana dalam CV ini, pengalaman kerja disebutkan secara urut, sesuai kronologi. Dimulai dari pengalaman kerja terakhir hingga yang terdahulu.

Format ini cocok untuk kamu yang berstatus sebagai mahasiswa, atau posisi entri level. Selain itu juga tepat untuk kamu yang memiliki latar belakang pendidikan yang sejalan dengan bidang pekerjaan yang dituju.

Apabila kamu sudah berpengalaman dan ingin mencari posisi baru yang sama dengan yang sebelumnya, serta cocok untuk kamu yang ingin berpindah perusahaan.

Demikian penjelasan cara melamar kerja dengan baik dan cara membuat CV untuk melamar kerja.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait