facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Habiskan Anggaran Rp 12,7 Miliar, Begini Wajah Baru Alun-alun Garut

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 21 Januari 2022 | 05:00 WIB

Habiskan Anggaran Rp 12,7 Miliar, Begini Wajah Baru Alun-alun Garut
Sejumlah pekerja memperbaiki kawasan Alun-Alun Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (20/1/2022). [ANTARA/HO-Diskominfo Garut]

Setelah peresmian Alun-alun Garut itu, ia mengharapkan masyarakat dapat ikut menjaga dengan baik sehingga keberadaannya membuat nyaman bagi siapa saja yang berkunjung.

SuaraJabar.id - Alun-alun Garut punya wajah baru usai direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Direvitalisasi dengan menghabiskan anggaran Rp 12,7 miliar, Alun-alun Garut bakal diresmikan pada Minggu (23/1/2022) akhir pekan ini.

"Alun-Alun Kabupaten Garut dibangun atau diperbaiki menjadi lebih bagus," kata Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Garut Ajid Sayidin saat meninjau Alun-alun Garut, Kamis (20/1/2022).

Ia menuturkan revitalisasi Alun-Alun Garut itu selesai selama 150 hari kerja yang pengerjaannya dilakukan penyedia jasa putra daerah yakni PT Tridaya Putra Bungsu.

Baca Juga: Masyarakat Penutur Bahasa Sunda Tetap Minta Artelia Dahlan Dipecat Meski Sudah Minta Maaf

"Ini melalui lelang, yang mendapatkan lelang proyek ini adalah putra Garut, dari PT Tridaya Putra Bungsu, dilaksanakan sekitar empat bulan yang lalu dan alhamdulillah telah selesai," katanya.

Ia menyebutkan pembenahan Alun-alun Garut itu meliputi sejumlah fasilitas yakni tribun, selasar, toilet, perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, arena bermain anak, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

Setelah peresmian Alun-alun Garut itu, ia mengharapkan masyarakat dapat ikut menjaga dengan baik sehingga keberadaannya membuat nyaman bagi siapa saja yang berkunjung.

"Sarana ini untuk publik dan diharapkan ini mohon untuk dipelihara bersama-sama oleh warga Garut, dan ini diharapkan untuk sampahnya, sarana prasarana yang sudah ada itu dipelihara sama-sama," katanya.

Alun-alun Garut berada di kawasan perkotaan atau tidak jauh dari lingkungan Pendopo Garut, dan di samping Masjid Agung Garut yang selama ini menjadi tujuan masyarakat untuk bersantai maupun menikmati suasana.

Baca Juga: Deretan Kontroversi Arteria Dahlan Mulai Dari Cekcok dengan Penumpang Pesawat Hingga Bahasa Sunda

Lapangan terbuka itu biasa juga digunakan untuk berbagai kegiatan atau pameran produk, termasuk upacara hari besar seperti hari jadi Garut, maupun peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait