facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Kondisi Arus Mudik di Tol Cisumdawu pada H-5 Lebaran

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 27 April 2022 | 18:03 WIB

Begini Kondisi Arus Mudik di Tol Cisumdawu pada H-5 Lebaran
Volume kendaraan yang mengarah ke Tol Cisumdawu lebih sedikit dibandingkan kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). [ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi]

Guna menghadapi arus mudik di jalur tersebut, Ibrahim menyebut pihaknya sudah menyiapkan sejumlah cara bertindak jika terjadi kepadatan pemudik.

SuaraJabar.id - Kendaraan roda empat ciri khas pemudik terpantau melintasi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Rabu (27/4/2022) atau H-5 Lebaran 2022.

Meski demikian, volume kendaraan yang melintas di jalan Tol Cisumdawu terpantau masih lengang.

"Untuk yang ramai pada H-5 ini memang jalur utara, itu pun jalur tol, sedangkan jalur arteri masih normal. Selain itu jalur selatan juga masih normal," kata Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo dikutip dari Antara.

Kedua jalur di Tol Cisumdawu, baik yang ke arah Bandung maupun ke arah Sumedang, situasi arusnya masih sama. Selain kendaraan pribadi, kendaraan besar seperti truk pun ada di tol tersebut.

Baca Juga: 2 Tahun Tak Pulang Kampung, Indri Sumringah Bisa Mudik Gratis ke Magelang

Sedangkan dari titik awal Tol Cisumdawu yakni Gerbang Tol Cileunyi, kendaraan lebih banyak yang mengarah keluar gerbang tol. Sedangkan kendaraan yang melaju ke arah Tol Cisumdawu terpantau lebih sedikit jika dibandingkan dengan kendaraan yang keluar.

Sejumlah kendaraan pribadi yang melintas di tol baru tersebut ada yang berplat nomor D (Bandung), plat nomor Z (Sumedang), dan berplat nomor E (Cirebon-Majalengka). Belum banyak kendaraan yang selain plat nomor tersebut melintas di tol tersebut.

Meski begitu, rambu-rambu petunjuk di Jalan Tol Cisumdawu tampak sudah lengkap. Mulai dari plang penunjuk jalan, plang nomor kilometer, hingga markah jalan juga sudah terpasang di tol tersebut.

Guna menghadapi arus mudik di jalur tersebut, Ibrahim menyebut pihaknya sudah menyiapkan sejumlah cara bertindak jika terjadi kepadatan pemudik.

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat pun bakal menjadikan ruas Tol Cisumdawu sebagai alternatif jika terjadi kepadatan antrean di Gerbang Tol Cileunyi. Nantinya polisi bakal mengarahkan kendaraan untuk masuk ke Tol Cisumdawu untuk keluar di Gerbang Tol Jatinangor.

Baca Juga: Pemudik di Terminal Kalideres Makin Meningkat, Puncak Arus Mudik Diperkirakan Jumat Lusa

"Kita sudah mempersiapkan cara bertindak di lapangan, dan itu disesuaikan dengan kondisi di lapangan," kata Ibrahim.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait