facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini yang Bikin Kawasan Wisata Lembang Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran 2022

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 06 Mei 2022 | 15:49 WIB

Ini yang Bikin Kawasan Wisata Lembang Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran 2022
Seuah SUV mencoba melewati Tanjakan Doraemon di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (4/5/2022). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

"Makanya pasti berdampak kepada peningkatan kunjungan," beber Hengky Kurniawan.

SuaraJabar.id - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengingatkan para pelaku pariwisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) agar tetap melakukan pembatasan jumlah kunjungan.

Seperti diketahui, kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada libur lebaran kali ini membludak seiring
tidak adanya penyekatan dan pembatasan perjalanan antar daerah.

"Kapasitas kunjungan tetap dibatasi sesuai dengan aturan PPKM Level, jika objek wisata sudah penuh ditutup sementara dan wisatawan diarahkan ke tempat wisata lain untuk menghindari kerumunan," tegas Hengky pada Jumat (6/5/2022).

Menurut Hengky, membludaknya tingkat kunjungan ke kawasan Lembang sudah sesuai prediksi sebelumnya. Tidak adanya penyekatan seperti tahun lalu menjadi pemicu utama melonjaknya kunjungan wisatawan.

Baca Juga: Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak Hari Ini 5 Mei 2022, Cek Dulu Agar Tak Kena Macet!

"Lebaran ini, wisatawan asal luar kota dipersilahkan masuk lantaran tidak adanya penyekatan seperti tahun lalu, makanya pasti berdampak kepada peningkatan kunjungan," beber Hengky.

Menurutnya, tahun lalu saat libur lebaran penyekatan dilakukan oleh petugas di pintu-pintu masuk daerah perbatasan. Akibatnya banyak wisatawan dan kendaraan dari luar kota yang terpaksa diputarbalikkan dan diarahkan untuk kembali ke daerah asal.

Mengantisipasi hal ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda KBB untuk memastikan libur lebaran tetap berjalan aman dan lancar. Termasuk terus berkolaborasi memantau dan mengawasi di lapangan terutama penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Sementara itu berdasarkan pantauan dari kawasan Lembang hari ini atau H+4 lebaran, volume lalu lintas di kawasan wisata tersebut cenderung lebih lengang. Tidak ada penumpukan kendaraan wisatawan di ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto juga menyebutkan pada hari ini jumlah wisatawan yang mengarah ke Lembang tak sebanyak tiga hari sebelumnya sejak hari H lebaran.

Baca Juga: Bakal Beri Sanksi ke Pelaku Pungli di Kawasan Wisata, Bupati: Jangan Coreng Nama Daerah

"Kami sampaikan hari ini tepatnya hasil pantauan dari Persimpangan Beatrix Lembang, arus lalulintas lebih lancar namun meriah," ungkap Sudirianto kepada wartawan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait