facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Besok, Timnas Indonesia U-23 Lawan Malaysia, Semoga Momen SEA Games 1985 Tak Terulang

Galih Prasetyo Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:13 WIB

Besok, Timnas Indonesia U-23 Lawan Malaysia, Semoga Momen SEA Games 1985 Tak Terulang
Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia berjalan sambil tertunduk usai bertanding melawan Timnas Thailand pada pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Indonesia kalah dari Thailand dengan skor 0-1 dan gagal melaju ke final. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Pertemuan kedua negara ini menjadi ulangan partai perebutan medali perunggu SEA Games 1985 di Bangkok.

SuaraJabar.id - Timnas Indonesia U-23 akan lakoni partai melawan Malaysia U-23 dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022) di Stadion My Dình National Stadium.

Pertemuan kedua negara ini menjadi ulangan partai perebutan medali perunggu 1985 di Bangkok. Saat itu, kedua negara juga gagal di semifinal.

Malaysia kalah adu penalti dengan Singapura. Timnas Indonesia gagal ke final SEA Games 1985 setelah dipecundangi Thailand dengan skor telak 7-0.

Saat itu timnas Indonesia dilatih oleh Harry Tjong. Ini menjadi tahun kedua, Harry Tjong melatih skuat Merah Putih. Kedatangan timnas ke Bangkok 1985 sebenarnya membawa misi untuk balas kegagalan di SEA Games 1983.

Baca Juga: Tersisa 4 Pemain Cadangan, Kans Timnas Indonesia Raih Perunggu SEA Games 2021 Kecil?

Di SEA Games 1983, timnas bahkan tak mampu lolos dari babak fase grup. Skuat Merah Putih di SEA Games 1985 salah satunya diisi oleh bintang Persib, Ajat Sudrajat.

Menyandang gelar top skorer dan pemain terbaik di Divisi Utama 1983-84, Ajat Sudrajat menjadi pemain yang sangat diandalkan Harry Tjong.

Namun saat itu permainan impresif timnas tak muncul. Banyak yang menduga hal itu disebabkan ketegangan antar pemain yang berasal dari Perserikatan dan Galatama.

Setelah dikalahkan dengan skor telak 0-7 oleh Piyapong Pue-on dkk, Timnas Indonesia bersua Malaysia di Suphachalasai Stadium pada 16 Desember 1985.

Harapan untuk bisa meraih medali perunggu juga kemudian sirna saat Lim Teong Kim mencetak gol tunggal pada menit ke-67. Kegagalan ini tentu saja membuat sesak publik sepak bola nasional.

Baca Juga: Alexandre Polking Sebut Suatu Saat Timnas Indonesia akan Kalahkan Thailand

Apalagi di era tersebut, timnas Indonesia dianggap memiliki banyak pemain kualitas. Bahkan skuat timnas disebut mempunya generasi emas karena di tahun yang sama, mereka mampu tunjukkan kekuatan di Pra Piala Dunia 1986.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait