Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalin Kerja Sama dengan Pemkot di Negeri Jiran, Kang Yana Ingin UMKM Asal Kota Bandung Mendunia

Ari Syahril Ramadhan Senin, 08 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Jalin Kerja Sama dengan Pemkot di Negeri Jiran, Kang Yana Ingin UMKM Asal Kota Bandung Mendunia
ILUSTRASI - Wali Kota Bandung Yana Mulyana mencicipi kopi produk Bandung. [ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung]

Jumlah UMKM di Kota Bandung tercatat sebanyak 140 ribu berdasarkan statistik.

SuaraJabar.id - Pemerintah Kota bandung menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Petaling Jaya, Malaysia. Dengan adanya kerjasama itu diharapkan bisa berpotensi terhadap perekonomian masyarakat Kota Bandung.

Lebih jauh Wali Kota bandung Yana Mulyana mengatakan, menginginkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) asal Ibu Kota Jawa Barat itu bisa melebarkan sayap hingga ke Malaysia setelah adanya kerja sama tersebut.

"Kami juga berharap para UMKM binaan kami bisa melebarkan sayapnya hingga internasional," kata Yana di Balai Kota Bandung, Senin (8/8/2022).

Adapun jumlah UMKM di Kota Bandung tercatat sebanyak 140 ribu berdasarkan statistik. Namun jumlah UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung yakni sebanyak 8.662 UMKM.

Baca Juga: Marc Klok Ngaku Malu Persib Dicukur Borneo FC 4-1: Awal Musim Ini Tak Sesuai Ekspektasi

Sementara itu, Wakil Wali Kota Petaling Jaya Malaysia Sharipah Marhaini mengaku sangat tertarik dengan cara berbisnis para pelaku usaha di Kota Bandung. Hal itu, kata dia, tampak dari kemasan sejumlah kemasan produk UMKM di Kota Bandung.

"Lalu, dari segi usahawan juga saya sangat tertarik dengan cara packing para usahawan Bandung. Kami ingin belajar lebih dalam lagi," kata Sharipah.

Adapun kerja sama Kota Petaling Jaya dengan Kota Bandung menurutnya telah terjalin sejak 2015. Beberapa kolaborasi yang telah terjalin sejak 2015, antara lain di bidang seni budaya, pendidikan, perdagangan, dan teknologi.

"Tahun 2019 kita pernah bersama menyelenggarakan Youth Leadership Camp (YLC). Ada 12 pelajar dari Kota Bandung ikut YLC di Petaling Jaya," kata Sharipah.

Untuk kerjasama di tahun 2022, menurutnya pihaknya bakal mengirimkan empat orang staf untuk ditempatkan di Balai Kota Bandung. Selain soal cara berbisnis para UMKM, menurutnya pihaknya pun bakal mempelajari soal pengembangan kota cerdas atau smart city.

Baca Juga: Waduh! Sekolah Disegel Ahli Waris, Siswa SDN Bunisari Bandung Barat Tak Bisa Belajar

"Empat staf terpilih untuk ditempatkan di kantor Balai Kota Bandung belajar berkaitan dengan smart city secara mendalam. Sebab sistem-sistem yang sekarang pasti sudah lebih advance," kata dia. [Antara]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait