Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kabar Baik dari Suara UMKM di Bandung, Pemprov Jabar Yakin Pertumbuhan UMKM Tak Terganggu oleh Pandemi

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:20 WIB

Kabar Baik dari Suara UMKM di Bandung, Pemprov Jabar Yakin Pertumbuhan UMKM Tak Terganggu oleh Pandemi
Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono (kiri) Bersama Widyaiswara Ahli Madya Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat (tengah) Beserta Owner PT Perisai Grup Perry Tristianto (kanan) dalam acara bertajuk SUARA UMKM, Pasar Lokal #DariLokalJadiTerkenal di Kota Bandung, Jabar pada Kamis (11/8/2022). [Suara.com/Fadil]

"Kalau Jawa Barat sangat ditopang pelaku ekonomi kecil daripada yang besar," ujarnya.

SuaraJabar.id - Kelas UMKM Keliling Suara.com di Bandung Dihadiri ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menghadiri roadshow SUARA UMKM yang digelar di Cafe Soomi-Soomi, Jalan Dr Rajiman No 17, Kamis (11/8/2022).

Roadshow SUARA UMKM di Bandung menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidang UMKM yakni Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono, Widyaiswara Ahli Madya Pada UPTD Pendidikan Pelatihan Perkoperasian & Wirausaha Jawa Barat di Dinas Koperasi & Usaha Kecil Jawa Barat Dr. Daniar Ahmad Nurdianto, dan Wakil Ketua DPP Apindo Jawa Barat Bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif, UKM dan Koperasi Perry Tristianto.

Dalam kesempatan itu, Widyaiswara Ahli Madya pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Daniar Ahmad menyampaikan bahwa memprediksi pelaku UMKM di Jawa Barat mengalami pertumbuhan tahun ini meskipun pandemi COVID-19 masih melanda.

"Hasil sensus ekonomi terkahir itu ada 4,6 juta. Tahun 2022 ini diperkirakan sudah 5 juta lebih. Jadi bertambah terus," kata Daniar.

Baca Juga: Roadshow SUARA UMKM di Bandung Berlangsung Seru, Peserta: Narsum yang Ada Memberikan Pengalaman Luar Biasa

Dikatakannya, pertumbuhan pelaku wirausaha baru diberbagai bidang itu diperkirakan banyaknya pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama pandemi COVID-19, sehingga tak jarang beralih menjadi wirausaha baru.

"Kami saat ini sedang mendata lagi jumlah pastinya. Termasuk yang masih aktif berapa persen. Tapi mudah-mudahan terus tumbuh," ujar Daniar.

Pihaknya, kata Daniar, berkomitmen untuk mendorong terciptanya wirausaha baru. Sebab, kata dia, dengan munculnya para pelaku UMKM yang baru maka akan semakin menopang perekonomian di Jawa Barat.

Apalagi menurutnya perekonomian di Jawa Barat ini justru ditopang oleh para pelaku usaha kecil. Di antaranya para pelaku UMKM.

"Mudah-mudahan nanti akan tumbuh pelaku pelaku usaha baru yang akan menopang perekonomian di Jawa Barat. Kalau Jawa Barat sangat ditopang pelaku ekonomi kecil daripada yang besar," sebutnya.

Baca Juga: Google Gandeng KemenkopUKM Latih UMKM di 10 Propinsi

Sementara Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, mengatakan program ini akan sangat memberikan manfaat yang begitu besar bagi para pelaku UMKM, terutama dalam hal pelatihan, pemasaran, distribusi, administrasi hingga hak cipta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait