Pasir Bercampur Minyak Menumpuk di Pantai Sedari

Chandra Iswinarno
Pasir Bercampur Minyak Menumpuk di Pantai Sedari
Tumpukan pasir bercampur minyak di dalam karung menjadi pemandangan yang biasa di Pantai Sedari, Karawang, Jawa Barat. [Antara]

Ada pula pasir bercampur minyak mentah yang dibiarkan menumpuk, tanpa dibungkus karung atau plastik.

Suara.com - Tumpahan minyak yang terjadi di sekitar Perairan Karawang Jawa Barat membuat kawasan objek wisata Pantai Sedari di wilayah tersebut turut merasakan dampaknya.

Bahkan, tumpukan pasir bercampur minyak mentah menjadi pemandangan baru di kawasan tersebut.

"Dikira tumpukan pasir itu apa, ternyata pasir bercampur minyak mentah," kata seorang pengunjung Pantai Sedari Karawang Een seperti diberitakan Antara pada Rabu (24/7/2019).

Keberadaan tumpukan pasir bercampur minyak diakui Een sangat mengganggunya.

"Saya tidak tahu berbahaya atau tidak, tapi kalau berbahaya, seharusnya langsung diangkut ke tempat yang aman," kata dia.

Tumpukan pasir yang bercampur dengan minyak mentah di kawasan objek wisata Pantai Sedari itu ada yang berada di dalam karung. Selain itu, ada pula pasir bercampur minyak mentah yang dibiarkan menumpuk, tanpa dibungkus karung atau plastik.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berharap agar Pertamina fokus memperhatikan dampak lingkungan dan kesehatan masyarakat yang terkena dampak kebocoran minyak itu.

Ia mengatakan, sesuai dengan laporan para kepala desa di wilayah pesisir, sejumlah tambak ikan dan udang di wilayah pesisir terkena dampak kebocoran minyak Pertamina itu. Para nelayan juga tidak berani melaut karena tangkapan ikan menurun akibat air laut di perairan Karawang bercampur minyak mentah.

Vice President Relations Pertamina Hulu Energi Offhsore North West Java (PHE ONWJ) Ifki Sukarya mengakui kalau tumpahan minyak mentah ke perairan Karawang itu sudah menyebar hingga Pantai Sedari dan Cemarajaya.

Minyak mentah yang bergumpal karena bercampur dengan pasir di bibir pantai wilayah Karawang selanjutnya dibersihkan, dikumpulkan dalam karung. Setelah terkumpul, akan dimusnahkan di wilayah Bogor.

Upaya pembersihan gumpalan minyak mentah yang bercampur pasir itu sendiri dilakukan dengan melibatkan masyarakat. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS