alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kota Bandung Masuk Zona Merah Lagi, Yana: Masyarakat Kurang Disiplin

Ari Syahril Ramadhan Senin, 23 November 2020 | 16:39 WIB

Kota Bandung Masuk Zona Merah Lagi, Yana: Masyarakat Kurang Disiplin
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. [Antara]

Berdasarkan pantauannya, masyarakat di ruang publik masih banyak yang tidak menggunakan masker.

SuaraJabar.id - Kota Bandung kembali masuk ke zona merah level kewaspadaan Covid-19. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, ini karena kedisiplinan masyarakat terus berkurang.

"Dari pemerintah provinsi indeks kita sudah di bawah 1,80, jadi sudah masuk zona merah," kata Yana di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (23/11/2020).

Ia menilai tingkat kepatuhan masyarakat menurun terhadap protokol kesehatan. Berdasarkan pantauannya, masyarakat di ruang publik masih banyak yang tidak menggunakan masker.

Meski begitu, menurutnya, pengawasan dari Pemerintah Kota Bandung tidak pernah menurun. Sehingga, hal ini harus menjadi perhatian seluruh pihak.

"Kuncinya pengawasan, secara regulasi dan secara aturan peraturan wali kota itu sudah cukup lah, memang kuncinya pengawasan, harapan saya bukan hanya pemerintah saja, tapi oleh masyarakat juga," kata Yana.

Selain itu, tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Bandung juga meningkat, terlihat dari meningkatnya keterisian tempat tidur isolasi di sejumlah rumah sakit yang semakin mengkhawatirkan.

"Keterisian tempat tidur isolasi mencapai 86 persen pada pekan lalu, sekarang mungkin sudah di atas 90 persen," katanya.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, secara kumulatif angka terkonfirmasi Covid-19 di Kota Bandung mencapai 2.884 orang. Dari jumlah tersebut, 2.404 orang dinyatakan sembuh, 370 orang masih berstatus terkonfirmasi Covid-19 aktif, dan 110 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Update 23 November: Kasus Corona Indonesia Tembus Setengah Juta Orang

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait