alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Akses Jalan Disekat, Pemudik Nekat Arungi Sungai

Ari Syahril Ramadhan Senin, 03 Mei 2021 | 04:04 WIB

Akses Jalan Disekat, Pemudik Nekat Arungi Sungai
Akses mudik lebaran lewat sungai menjadi solusi bagi pemudik yang ingin menghindari razia serta penyekatan petugas. [Suherman/HR]

Kian hari, semakin banyak pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah menggunakan jalur Sungai Citanduy untuk menghindari petugas.

SuaraJabar.id - Beragam cara dilakukan pemudik untuk menghindari razia yang dilakukan petugas gabungan. Mulai dari mencari jalur tikus hingga membuat surat tugas dan hasil tes Covid-19 palsu.

Polisi sendiri tak kalah akal dengan taktik pemudik. Selain melakukan penyekatan di jalan utama, petugas juga menyisir pemudik nakal hingga ke jalan tikus.

Namun pemudik yang sudah tak bisa menahan rindu pada keluarga dan kampung halaman juga terus memperbarui taktik mereka.

Seperti yang dilakukan pemudik yang akan menuju Jawa Tengah dari arah Jawa barat ini. Mereka mengarungi Sungai Citanduy tepatnya di wilayah Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis untuk menghindari penyekatan.

Baca Juga: Nekat Angkut Pemudik, Operasional Dua Bus di Jakarta Utara Disetop

Jalur air Sungai Citanduy tersebut menjadi salah satu perlintasan mudik yang kini banyak warga pemudik gunakan.

Kasi Pelayanan Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Maman Suparman membenarkan tidak sedikit warga yang mudik lewat jalur Sungai Citanduy.

“Jadi, dengan menggunakan perahu karet atau rakit, saat ini menjadi salah satu alternatif para pemudik, dibanding melintasi jembatan Manganti,” katanya, Minggu (2/5/2021).

Bahkan, lanjutnya, perlintasan jalur mudik lewat air atau sungai tersebut bukan hanya satu titik saja. Dari pantauannya, setidaknya ada lima titik jalur perlintasan yang menggunakan getek atau perahu kecil.

“Sebenarnya cara tersebut bukan hanya terjadi saat mudik sekarang ini. Akan tetapi tahun-tahun sebelumnya juga jalur air sering digunakan para pemudik untuk mencapai tujuan,” ucapnya.

Baca Juga: Ratusan Pengendara Diputar Balik di Tol Cileunyi

Lebih lanjut Maman menambahkan, alasan warga memilih mudik lewat jalur sungai, karena sebenarnya lebih cepat sampai ke tujuan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait