facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral TKI Sakit hingga Muntah Darah di Malaysia, Istri: Kondisinya Sulit

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 16 Juni 2021 | 11:03 WIB

Viral TKI Sakit hingga Muntah Darah di Malaysia, Istri: Kondisinya Sulit
Wawang Supriatin menunjukan foto dirinya bersama suaminya, Endik Sopandi, salah seorang TKI ssal Lembang, Bandung Barat yang dikabarkan sakit dan ingin pulang ke kampung halamannya. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

"Masih sering komunikasi sama bapak, pinjam handphone punya tetangga soalnya saya enggak punya (hp)," kata sang istri.

SuaraJabar.id - Derita yang dialami Endik Sopandi sudah sampai ke telinga keluarganya di Kampung Gamlok, RT 06/07, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Endik kini berada di Malaysia. Ia berangkat tahun 2015 menjadi Tenaga Kerja Indoensia (TKI), namun nasibnya kini terkatung-katung dan sakit-sakitan. Endik ingin pulang ke tanah air.

Wawang Supriatin (53) istri Endik Sopandi menceritakan kondisi suaminya di sana. Sejak Endik berangkat ke Malaysia, dia mengaku, Endik hanya sesekali mengirim uang karena kehidupannya pun cukup sulit di sana.

"Baru kirim uang sekali, karena kondisinya juga di sana sulit," ujar Wawang saat ditemui di kediamannya, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Viral, Perempuan di Depok Jadi Korban Pelecehan Seksual Saat Gowes Sepeda

Selama ini, ia memang masih berkomunikasi dengan suaminya itu. Namun menggunakan ponsel milik kerabatnya di negeri jiran. Ia berharap Endik segera pulang ke Lembang.

"Masih sering komunikasi sama bapak, pinjam handphone punya tetangga soalnya saya enggak punya (hp). Mudah-mudahan ada yang menolong suami, untuk biaya kan kami enggak punya, pengen ketemu lagi sama keluarga," benernya.

Ibu kandung Endik, Sarini (68) menambahkan, anaknya sedang dalam kondisi sakit selama dua tahun terakhir. Pihak keluarga meminta pemerintah membantu memulangkan Endik ke Lembang.

"Ibu mau berusaha gimana, uang dari mana, terima kasih kalau ada yang mau membantu. Maklumlah, kehidupan di sini juga hanya begini," kata Sarini.

Sebelumnya, Endik membagikan kisah pilunya itu lewat kiriman video berdurasi 12 menit. Iaa mengatakan ingin pulang dari Malayasia sebab sudah tak kuat merantau di negeri orang.

Baca Juga: Dinyinyirin Kerja Jadi Pelayan, Pria Pamer Bisa Beli Apartemen dan Barang Mewah

Endik meminta pertolongan agar bisa dipulangkan dari Negeri Jiran itu lantaran ia sakit-sakitan dan tak punya uang untuk bertahan hidup di perantauan setelah tak mampu bekerja lagi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait