alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Makanan Enak di Bandung: Cuanki Serayu, Batagor Hanjuang, Hingga Nasi Kalong

Pebriansyah Ariefana Selasa, 09 November 2021 | 13:30 WIB

Makanan Enak di Bandung: Cuanki Serayu, Batagor Hanjuang, Hingga Nasi Kalong
Batagor Riri. [Instagram @batagor_riri]

Berikut akan kami urai makanan enak di Bandung.

SuaraJabar.id - Beragam makanan enak dapat kamu temukan di Bandung. Bagaimana pun perkembangan kuliner di Bandung semakin pesat seiring dengan berjalannya kian moncernya wisata di Kota Kembang ini. Berikut akan kami urai makanan enak di Bandung.

Mulai dari makanan tradisional yang menjadi ciri khas hingga menu-menu inovatif. Cita rasanya juga komplet, ada yang manis hingga yang asin serta gurih dan pedas, Berikut daftar rekomendasi makanan enak yang ada di Kota Bandung.

1. Batagor Hanjuang

Batagor (YouTube Dapurumi)
Batagor (YouTube Dapurumi)

Batagor adalah makanan khas Bandung yang diadaptasi dari kuliner Tionghoa-Indonesia. Makanan ini terbuat dari adonan ikan tenggiri yang dimasukkan ke tahu dan kulit pangsit. Salah satunya adalah Batagor Hanjuang memiliki ciri khasnya sendiri dibandingkan batagor biasa, yakni adanya bakmi.

Baca Juga: Viral Suzuki Carry Terbakar di Asep Stroberi Lembang, Begini Nasib Pengendaranya

2. Cuanki Serayu

Makanan ini mirip bakso jika diberi kuah. Cuanki yang terkenal di Bandung adalah Cuanki Serayu. Cuanki ini memiliki cita rasa khas Sunda dengan kuahnya yang gurih.

3. Cireng

Cireng isi. [Cookpad]
Cireng isi. [Cookpad]

Cireng khas Bandung ini sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah di Indonesia. Cireng adalah camilan yang memiliki tekstur cukup kenyal dan sangat gurih setelah digoreng. Rasa cireng bisa lebih nikmat jika ditambah sosis, keju, sambal goreng dan cabe rawit.

4. Seblak

Baca Juga: Suntik Modal Rp 4,3 Triliun ke Proyek Kereta Cepat, Sri Mulyani Diserang DPR

Jajanan ini dibuat menggunakan kerupuk yang direbus. Bumbu untuk seblak pun beraneka ragam, apalagi untuk toppingnya seperti telur, ceker ayam, sosis dan daging sapi.

5. Kue Cubit

Resep kue cubit. (Dok. Laras/Cookpad)
Resep kue cubit. (Dok. Laras/Cookpad)

Awalnya kue ini dijual di sekitar wilayah sekolah yang berada di Bandung, namun kini berkembang hingga tersedia di pasaran. Toping pada kue cubit khas Bandung diisi dengan beragam snack seperti, taro, oreo, green tea dan keju.

6. Surabi

Jajanan khas Bandung ini memiliki tekstur yang cukup tebal dengan rasanya yang gurih dan manis. Makanan ini dimasak dengan cara dipanggang menggunakan tungku kayu dan gerabah tanah liat.

7. Combro

Combro merupakan makanan yang berasal dari singkatan oncom di jero dalam artian oncom di dalam. Combro terbuat dari bahan adonan parutan singkong yang kemudian dibentuk bulat. Umumnya di dalam oncom diberi dengan topping manis pedas.

8. Nasi Kalong

Nasi Kalong terbuat dari beras merah yang dimasak dengan kluwek dan rempah sehingga memberikan nasi dengan aroma gurih nan khas. Nasi Kalong sangat cocok dijadikan makanan untuk sarapan pagi atau pun makan siang bagi bersama keluarga.

9. Cilor

Makanan satu ini sangat nikmat jika ditemani dengan saus pedas. Kata Cilor merupakan singkatan dari cilok telor. Cilor disajikan dengan dua jenis, yakni basah dan kering. Ada pula yang dibentuk seperti sate dan ada pula yang disajikan ke dalam mangkok.

10. Cimol

Cimol Berbentuk aneh. (Dok: TikTok/Putriprmu)
Cimol Berbentuk aneh. (Dok: TikTok/Putriprmu)

Kata Cimol adalah singkatan dari aci digemol. Makna gemol dalam bahasa Sunda berarti dibulat-bulat. Cimol akan terasa lebih enak disantap saat ditambahkan dengan bumbu rasa seperti, barbeku, pedas, asam manis, dan lain sebagainya.

11. Pisang Bolen

Salah satu olahan buah pisang yang menjadi makanan terenak di Bandung adalah Pisang Bolen. Kue pisang berbalut pastry ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat empuk.

12. Misro

Makanan ini hampir sama seperti combro, tapi memiliki perbedaan mulai dari rasa, tekstur dan bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatannya. Misro pun memiliki singkatannya, yakni amis di jero dalam bentuk bahasa Indonesia artinya manis di dalam.

Demikian makanan enak di Bandung. Selamat mencoba!

Kontributor : Titi Sabanada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait