alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Langkah Cara Membuat Makalah, Pastikan Jangan Ada yang Terlewat Yah

Pebriansyah Ariefana Selasa, 07 Desember 2021 | 18:41 WIB

8 Langkah Cara Membuat Makalah, Pastikan Jangan Ada yang Terlewat Yah
Ilustrasi seseorang yang sedang menyelesaikan tugasnya / (Unsplash/GlennCarstens-Peters)

Anda perlu tahu, jika makalah adalah salah satu format tugas yang cukup sering diberikan oleh para pengajar.

SuaraJabar.id - Untuk mahasiswa atau juga anak SMA, pasti sering disuruh buat makalah oleh dosen atau juga guru. Nah, perhatikan cara membuat makalah yang baik dan benar di artikel ini.

Anda perlu tahu, jika makalah adalah salah satu format tugas yang cukup sering diberikan oleh para pengajar. Makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Untuk menulis makalah, Anda perlu menggunakan bahasa baku. Selain itu pemilihan katanya juga harus berdasarkan pengertian yang terdapat dalam KBBI.

Berikut cara membuat makalah dari membuat sambul hingga penutup, perhatikan baik-baik:

Baca Juga: Bocah SD Salah Masuk Sekolah, Auto Panik Pas Tahu Seragamnya Beda

1. Sampul

Dalam bagian ini judul makalah, sub judul (jika ada), nama terang penulis, nomor siswa/mahasiswa, nama/lambang instansi pendidikan, serta tahun pengerjaan makalah. Terkait judul makalah, penulis perlu menggunakan kalimat yang efektif sehingga judul tersebut dapat dimengerti dengan jelas dan tidak menimbulkan enigma bagi pembacanya.

2. Abstrak

Abstrak biasanya berisi tentang tujuan penelitian, metode, hipotesis (jika ada), dan rangkuman singkat hasil penelitian atau riset. Pada umumnya, abstrak ditulis dengan menggunakan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Di bagian abstrak pula, penulis perlu menambahkan kata kunci penelitian (keywords). Penyusunan abstrak yang baik adalah tidak terlalu panjang, jelas, dan mampu menggambarkan isi keseluruhan makalah.

3. Daftar Isi

Baca Juga: Rayuan Maut Hingga Cabuli Gadis SMA, Sopir Truk di Wonogiri Berakhir Ngenes

Tak kalah penting, daftar isi dibuat untuk mempermudah pembaca melihat keseluruhan isi makalah dari awal hingga akhir secara cepat. Daftar isi juga dapat membantu para pembaca untuk mencari bagian makalah tertentu yang ingin mereka baca.

4. Kata Pengantar

Nah ini bagian mudah kali yah. Sebab menulis kata pengantar untuk sebagian orang sangat menyenangkan. Namun Anda perlu tahu isinya yang benar denagn menjelaskan secara singkat latar belakang pemilihan topik makalah, termasuk apa yang membuat penulis tertarik untuk mengangkat topik tersebut.

5. Pendahuluan

Dalam bagian pendahuluan, terdapat tiga sub bagian yang mencakup Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan Tujuan Makalah. Di sub bagian Latar Belakang, penulis perlu menjelaskan akar permasalahan dari topik makalah yang dipilih.

6. Isi

Pada bagian isi makalah, penulis dapat memaparkan data yang telah dikumpulkan. Setelah itu, penulis dapat membahas data tersebut dan mengaitkannya dengan teori, rumus, ataupun literatur lainnya yang berhubungan dengan topik dan tujuan makalah.

7. Penutup

Terdapat dua sub bagian yang mencakup kesimpulan makalah dan saran yang diberikan oleh penulis makalah. Di sub bagian kesimpulan makalah, penulis dapat membuat kesimpulan untuk masing-masing bagian pembahasan.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang digunakan penulis sepanjang penyusunan makalahnya. Daftar pustaka perlu dicantumkan dalam sebuah makalah untuk menghindari plagiarisme.

Demikian cara membuat makalah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait