facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap dengan Persyaratannya

Pebriansyah Ariefana Selasa, 18 Januari 2022 | 18:44 WIB

Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap dengan Persyaratannya
prakerja.go.id

Cara mendaftar kartu prakerja cukup mudah, bisa melalui situs www.prakerja.go.id. Sebelum mendaftar Kartu prakerja, Anda haru membuat akun terlebih dahulu.

SuaraJabar.id - Pemerintah memastikan program Kartu Prakerja tetap digulirkan pada tahun 2022. Memasuki gelombang 23, pelaksanaan program itu tidak hanya dilakukan secara dalam jaringan (daring/online) seperti selama ini. Cara daftar Kartu Prakerja.

Namun, sudah dapat dilakukan secara luar jaringan (luring). Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Cara mendaftar kartu prakerja cukup mudah, bisa melalui situs www.prakerja.go.id. Sebelum mendaftar Kartu prakerja, Anda haru membuat akun terlebih dahulu.

Berikut ini panduan membuat akun kartu Pra kerja di prakerja.go.id berikut sejumlah persyaratannya:

Baca Juga: Program Prakerja Berlanjut Tahun 2022, Menko Airlangga Pastikan Bermanfaat Untuk Masyarakat

1. Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

- WNI berusia 18 tahun ke atas.

- Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

- Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

- Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

Baca Juga: Diklaim Berhasil, Bansos Kartu Prakerja Bakal Lanjut Di 2022

- Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

- Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

2. Tahapan Pendaftaran

Tahap pertama dalam cara daftar Kartu Prakerja adalah membuat akun. Akun ini nanti bakal Anda isi dengan data pribadi serta merekamnya. Caranya adalah:

- Buka situs prakerja.go.id

- Masukkan nama lengkap, email, dan kata sandi

- Klik daftar

- Cek email-mu dan lakukan verifikasi

- Selesai

3. Pendaftaran kartu

Setelah memiliki akun tahap selanjutnya pada cara daftar Kartu Prakerja adalah mendaftarkan ke program kartunya sendiri. Jangan lupa, Anda hanya dapat mendaftarkan dirimu pada kartu prakerja sekali seumur hidup. Caranya adalah:

- Isi nomor KTP

- Verifikasi nomor KTP

- Klik berikutnya

- Unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP

- Verifikasi telepon

- Kirim

4. Tes, Seleksi, dan Kelolosan

Tahap cara daftar kartu prakerja selanjutnya adalah tes minat dan bakat. Lakukanlah tes secara online seperti biasa.

Setelah selesai, Anda akan diminta untuk mengikuti seleksi batch. Andabisa menyesuaikan batch dengan domisili atau kebutuhanmu.

Sebelum kamu mendaftar, pastikan dan cek kembali apakah datamu sudah benar. Setelah selesai, pendaftaranmu akan melalui evaluasi oleh tim Kartu Prakerja.

5. Insentif

Anda akan mendapatkan nilai tertentu saat selesai menyelesaikan pelatihan.  Lalu, Anda akan diminta memberi penilaian atas pelatihan yang telah Anda dapatkan. Besar insentif yang Anda dapatkan dapat dilihat di halaman depan akunmu.

Insentif juga tidak langsung cair 100%, tetapi secara bertahap dan berkala. Insentif ini akan dapat kamu cairkan melalui e-wallet atau rekening bank yang telah kamu daftarkan melalui website Prakerja.

Nantinya peserta akan menerima sejumlah uang dengan besaran biaya transportasi menjadi Rp650ribu dari yang sebelumnya hanya Rp500 ribu. Rinciannya Rp500 ribu didapat selama dua bulan pelatihan dan Rp150 ribu sebagai tambahan setelah mengikuti survei evaluasi program Kartu Prakerja.

Demikian cara daftar kartu prakerja yang dapat kalian aplikasikan.

Kontributor : Alan Aliarcham

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait