KPU Bekasi Targetkan Pleno Rekapitulasi Tingkat Daerah Pada 6 Mei Mendatang

Chandra Iswinarno
KPU Bekasi Targetkan Pleno Rekapitulasi Tingkat Daerah Pada 6 Mei Mendatang
Penyelenggaraan Pencoblosan Pemilu. [Antara]

Hingga saat ini, baru ada empat Kecamatan yang telah rampung menyelesaikan pleno rekapitulasi suara.

Suara.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menargetkan pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat daerah berlangsung pada 6 Mei 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Bekasi Dani Wahab, Kamis (25/4/2019). Ia mengungkapkan saat ini proses pleno rekapitulasi perhitungan suara masih berada di tingkat kecamatan.

Hingga saat ini, kata Dani, sudah ada empat Kecamatan yang telah rampung menyelesaikan pleno rekapitulasi suara. Keempat kecamatan itu yakni, Bojong Mangun, Muara Gembong, Sukatani dan Cikarang Timur.

"Sisanya 19 kecamatan masih terus berlangsung dan harus selesai tanggal 4 Mei sesuai tahapan yang ditetapkan KPU RI," jelasnya.

Ia menambahkan pada pleno rekapitulasi suara yang dilaksanakan PPK dihadiri para pengawas dari Bawaslu, maupun saksi perwakilan dari peserta Pemilu.

"Jadi pleno semua tingkatan PPK dihadiri dari KPU, pengawas Bawaslu, para saksi perwakilan peserta pemilu, saksi pasangan presiden wakil presiden maupun saksi partai politik. Mereka yang hadir yang mendapatkan mandat. Diluar itu kita batasi," pungkasnya.

Diketahui, Pemungutan suara dalam Pemilu 2019 telah usai digelar Rabu (17/4/2019) lalu. Masyarakat pun kini menanti hasil rekapitulasi perhitungan suara atau real count oleh KPU.

Proses rekapitulasi ini dilakukan secara berjenjang. Mulai dari TPS lanjut ke tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Masa rekapitulasi perhitungan suara secara berjenjang telah dimulai sejak, Kamis (18/4/2019) hingga Rabu 22 Mei 2019 atau sekitar satu bulan setelah pelaksanaan Pemilu 2019.

Tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara tertuang dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Kontributor : Mochamad Yacub Ardiansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS