PSBB Bandung Tuntas, Ojol Boleh Bawa Penumpang Hingga Bonbin Kembali Dibuka

Chandra Iswinarno
PSBB Bandung Tuntas, Ojol Boleh Bawa Penumpang Hingga Bonbin Kembali Dibuka
Kebun Binatang Bandung. (Sumber: disparbud.jabarprov.go.id)

Pengakhiran masa PSBB proporsional di Kota Bandung tersebut menjadi angin segar bagi pengemudi ojek onlin (ojol) untuk bisa kembali mengangkut penumpang.

SuaraJabar.id - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional di Kota Bandung resmi berakhir pada Jumat (26/6/2020) ini. Masyarakat di Kota Kembang bisa kembali beraktivitas dan berekreasi, namun harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Pengakhiran masa PSBB proporsional di Kota Bandung tersebut menjadi angin segar bagi pengemudi ojek onlin (ojol) untuk bisa kembali mengangkut penumpang.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengungkapkan berdasarkan hasil rapat terbatas (ratas) bersama Forkopimda kota Bandung dengan berakhirnya PSBB Proporsional beberapa sektor akan kembali diizinkan beroperasi, salah satunya ojol yang diperbolehkan kembali mengangkut penumpang.

“Akan memperbolehkan (ojol) mengangkut penumpang,” ungkap Oded di Balai Kota Bandung, Jumat (26/6/2020).

Meski ojol kembali dijinkan mengangkut penumpang, Oded tetap mewajibkan para ojol untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pemkot Bandung, kata Oded, akan memanggil pihak operator Ojol untuk menandatangai surat kesiapan persyaratan. Aktivitas ini juga berlaku bagi ojek pangkalan (opak).

“Diizinkan dengan syarat memenuhi protokol kesehatan, kami akan memanggil operator. Opak juga harus menerapkan protokol kesehatan,” kata Oded.

Untuk sektor lain yang ingin kembali beroperasi, pihaknya memperbolehkan mengusulkan surat permohonan dengan persyaratan wajib mengikuti protokol kesehatan. Dan melakukan simulasi terlebih dahulu.

“Bahwa untuk yang lainnya silahkan mengajukan usulan nanti dibahas dan mereka harus ikuti sop tang diberikan, dan harus mengadakan simulasi terlebih dahulu,” ungkap Oded.

Selain Ojol, tempat rekreasi Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden juga akan kembali dibuka untuk para pengunjung mulai Sabtu (27/6/2020). Pembukaan tersebut sesuai dengan keputusan Pemerintah Kota Bandung yang diterima oleh manajemen Kebun Binatang pada Kamis (25/6/2020) kemarin.

Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi'i mengungkapkan, pembukaan Kebon Binatang Bandung akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pengunjung wajib mengenakan masker.

"Dibuka dengan memperketat protokol kesehatan, Alhamdulillah sekarang kita bisa beroperasi kembali. Pengunjung yang masuk Kebun Binatang diwajibkan menggunakan masker. Bila tidak, mereka tidak diperkenankan untuk masuk," ujar Sulhan dalam keterangan resminya.

Untuk harga tiket, Sulhan mengungkapkan pihaknya tidak akan menaikkan harga tiket masuk. Namun ada beberapa fasilitas yang ditutup.

“Tetap Rp.40.000, namun ada beberapa fasilitas yang ditutup,” ungkap Sulhan.

Langkah tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi Wakil Wali Kota Bandung pada saat datang ke Kebun Binatang. Ia meminta foodcourt tidak dibuka dulu untuk menghindari adanya penularan covid 19 di wilayah tersebut.

"Beberapa hal sudah kami persiapkan di pintu masuk seperti portir, security dan juga penjaga loket yang menggunakan masker, sarung tangan dan juga face shield," kata Sulhan.

Sulhan mengatakan, sejak seminggu terakhir karyawan Kebun Binatang melakukan bersih-bersih massal dan mempersiapkan untuk pembukaan kembali setelah tutup lebih dari tiga bulan.

"Namun finalisasinya hari ini, Jumat. semua karyawan diminta datang untuk membereskan persiapan agar pembukaan pada Sabtu 27 Juni maksimal," kata Sulhan.

Kebun binatang Bandung adalah yang terakhir buka setelah Lembang Park and Zoo di Kabupaten Bandung Barat, Taman Safari di Bogor dan Taman Hewan Cikembulan di Garut.

"Kami berharap masyarakat kembali bisa menikmati satwa-satwa yang ada di kebun binatang. mereka bisa datang dan melihat kembali atraksi satwa atau animal show yang biasa dilaksanakan setiap hari," ungkap Sulhan.

Kontributor : Emi La Palau

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS