alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sebelum Embuskan Nafas Terakhir, Ustaz Tengku Zul Ingin Mudik ke Medan

Chandra Iswinarno Senin, 10 Mei 2021 | 20:28 WIB

Sebelum Embuskan Nafas Terakhir, Ustaz Tengku Zul Ingin Mudik ke Medan
Ustaz Tengku Zulkarnain di Barus (Fanshur), Tapanuli Tengah, Sumatera Utara [dokumentasi Twitter Tengku Zulkarnain]

Kabar meninggalnya Ustaz Tengku Zulkarnain atau yang biasa disapa Tengku Zul mengejutkan berbagai pihak. Bahkan, Tengku Zul dikabarkan ingin mudik ke Kota Medan.

SuaraJabar.id - Kabar meninggalnya Ustaz Tengku Zulkarnain atau yang biasa disapa Tengku Zul mengejutkan berbagai pihak. Penceramah yang aktif di dunia media sosial (medsos) Twitter tersebut mengembuskan nafas terakhir usai delapan hari berjibaku melawan Covid-19.

Penceramah Ustaz Tengku Zulkarnain meninggal dunia pada Senin (10/5/2021) tak lama setelah azan magrib penanda waktu berbuka puasa Ramadhan di Kota Pekanbaru berkumandang. Dia meninggal usai mengalami fase terburuk setelah divonis positif terpapar Covid-19.

Direktur Coorporate Comunications RS Tabrani Pekanbaru Ian Machyar mengungkapkan sebelum divonis Covid-19, Tengku Zul berkeinginan untuk mudik ke Kota Medan Sumatera Utara. Tengku Zul kemudian melakukan tes rapid antigen di Rumah Sakit (RS) Tabrani Pekanbaru, namun hasilnya ternyata positif.

"Pas masuk sudah positif, langsung kita beri perawatan," ungkapnya seperti dilansir Suarariau.id pada Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Tengku Zulkarnain Meninggal, Yusril Ihza: Saya Bersaksi Dia Orang Baik

"Ustaz sebelumnya mengajar ngaji, kalau saya dengar dari asisten, beliau dari Dumai, Kuansing kemudian Rohul. Beliau mau pulang ke Medan, dan pulang kan mesti ada rapid antigen," jelasnya.

Masih menurut Ian, kondisi sang ustaz memang dalam kondisi yang cukup buruk sejak Senin pagi.

"Kondisinya cukup buruk, sudah delapan hari, pagi tadi pakai nafas buatan medis. Sekarang sedang persiapan untuk disalatkan dan dimakamkan di TPU Palas," tuturnya.

Ustaz Tengku Zulkarnain lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 14 Agustus 1963. Meskipun lahir di Medan, pria berusia 57 tahun ini memiliki darah keturunan Melayu Deli dan Riau. Dia menempuh pendidikan S1 di Universitas Sumatera Utara mengambil jurusan Sastra Inggris.

Setelah mengambil pendidikan lulus dari pendidikan S1-nya, Ustaz Tengku Zulkarnain lantas mendalami ilmu Fiqih dari guru besaranya yakni Syaikh Dahlan Musa (Fiqih) dan ilmu Al Quran dari Syaikh Azro'i Abdul Rauf. Selain itu, Ustaz Tengku Zulkarnain mendapatkan gelar S2-nya yakni Master Business di Institute Economy of Hawaii.

Baca Juga: Para Sahabat Tengku Zulkarnain Berkumpul di RS Tabrani Pekanbaru

Selain aktif berceramah di 13 negara, Ustaz Tengku Zulkarnain juga berkecimpung sebagai dalam pendidikan islam dengan menjabat sebagai Ketua Majelis Fatwa untuk PP Mathla'ul Anwar. Selain itu, Ustaz Tengku Zulkarnain juga telah melahirkan sebuah buku berjudul 'Salah Faham: Jawaban Atas Buku Rapot Merah A'a Gym'.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait