alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Syarat Perpanjang STNK Mobil Mulai dari Datang Kantor Samsat Hingga Online

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 03 Desember 2021 | 15:33 WIB

Begini Syarat Perpanjang STNK Mobil Mulai dari Datang Kantor Samsat Hingga Online
Samsat Drive Thru di Riau/ Syarat Perpanjang STNK Mobil {Dok mediacenter.riau.go.id]

Yuk intip, syarat Perpanjang STNK Mobil berikut ini.

SuaraJabar.id - Syarat Perpanjang STNK Mobil cukup mudah kok, STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor adalah dokumen resmi yang harus dimiliki setiap pemilik mobil. Supaya dapat terus digunakan, STNK harus dilakukan perpanjangan setiap tahunnya.

Namun tak jarang, para pemilik mobil lupa atau bahkan tidak tahu cara atau syarat perpanjang STNK, padahal ini sangatlah penting, mengingat STNK merupakan kelengkapan berkendara yang wajib dibawa saat berkendara kapanpun dan dimanapun.

Perlu diketahui, ada dua jenis pajak pada STNK. Yang pertama adalah pajak STNK tahunan dan yang kedua adalah pajak STNK 5 Tahunan. Tidak ada yang berbeda diantara keduanya, hanya setiap lima tahun sekali akan ada penggantian kertas STNK dan Tanda Nomor kendaraan bermotor atau TNKB.

Warga memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Samsat Keliling Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (5/1/2019). [Antara/Muhammad Adimaja/pd]
Warga memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Samsat Keliling Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis/ Syarat Perpanjang STNK Mobil(5/1/2019). [Antara/Muhammad Adimaja/pd]

Untuk Syarat perpanjang STNK jangka waktu tahunan, bisa dilakukan di kantor samsat atau samsat keliling dan online. Sedangkan syarat perpanjang STNK jangka waktu 5 tahun, setiap kendaraan wajib mengganti plat nomornya, dan untuk mengganti inipun harus membayar pajak 5 tahunan.

Baca Juga: Tak Ada SIM Dan STNK, Pelajar SMP Tewas Seketika Usai Kecelakaan di Sunset Road Bali

Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang syarat penjang STNK Mobil atau kendaraan berikut ini.

1. Perpanjang STNK Tahunan

Syarat perpanjang STNK jangka waktu tahunan, bisa dilakukan di kantor samsat atau samsat keliling dan online. Selain itu perpanjang tahunan ini memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi misalnya, membawa KTP asli sesuai nama yang tertera di STNK maupun BPKB, membawa STNK asli sebagai bukti pemilik kendaraan, dan menyiapkan uang sesuai jumlah pajak tahunan yang ingin dibayarkan.

2. Perpanjang STNK 5 Tahunan

Setiap kendaraan atau mobil wajib untuk mengganti plat nomornya, dan untuk mengganti plat nomor inipun harus membayar pajak 5 tahunan. Untuk syarat perpanjang STNK mobil 5 tahunan ini ada beberapa langkah yakni, membawa STNK asli, membawa KTP asli sesuai nama yang tertera pada BPKB, membawa BPKB asli, kendaraan yang akan diganti plat, karena akan di cek kerangka dan mesin, serta uang untuk membayar pajak kendaraan.

Baca Juga: Satlantas Bintan Razia Polisi yang Tak Punya SIM dan STNK

Itulah tadi beberapa syarat perpanjang STNK mobil yang penting untuk diketahui, agar pajak pada kendaraan yang digunakan tidak mati.

Untuk yang selanjutnya adalah cara atau syarat perpanjang STNK Mobil dengan e-Samsat. Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam melakukan perpanjangan STNK secara online ini.

*Langkah pertama, membuka situs e-Samsat terlebih dahulu. Layanan ini tersedia untuk setiap provinsi. Jadi, bisa menggunakan situs provinsi yang ditempati. Apabila sedang berada di wilayah Jawa Tengah, yang mana tidak sesuai dengan plat nomor kendaraan/mobil, maka tidak dapat perpanjang STNK online Jawa Barat. Perpanjang STNK harus dilakukan di privinsi setempat.

*Langkah kedua, mengisi data kendaraan. Setelash masuk di situs e-Samsat, syarat perpanjang STNK mobil selanjutnya adalah mengisi data kendaraan yang dimiliki. Pertama, pilih kota kendaraan, kemudian pilih kantor samsat sesuai dengan tempat awal mengurus kendaraan/mobil tersebut, masukan nomor polisi atau plat nomor kendaraan, dan masukan kode captcha.

*setelah mengisi data, Langkah ketiga adalah melakukan pembayaran. Dalam hal ini nantinya akan diarahkan menuju halaman tentang data kendaraan, total pembayaran serta denda. Apabila data sudah benar, maka aka nada pertanyaan “Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?”

Kemudian klik saja pertanyaan tersebut dan melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang tercantum. Setelah proses pembayaran dikonfirmasi, maka cara perpanjang STNK online pada langkah ini telah selesai.

Penjelasan diatas tadi merupakan syarat perpanjang STNK mobil atau kendaraan secara online yang bisa kamu coba.

Semoga informasi tadi bisa membantu anda saat akan melakukan perpanjangan STNK baik tahunan maupun 5 tahun.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait