facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalanan di Bandung Diprediksi Bakal Dipadati Kendaraan Wisatawan hingga H+4 Lebaran, Kebanyakan Pelat B

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 03 Mei 2022 | 13:02 WIB

Jalanan di Bandung Diprediksi Bakal Dipadati Kendaraan Wisatawan hingga H+4 Lebaran, Kebanyakan Pelat B
ILUSTRASI - Arus Lalu Lintas di Kawasan Wisata Lembang, Bandung Barat beberapa waktu lalu. [Ferry Bangkit/SuaraJabar]

"Ini untuk wisata ya, kepadatannya baru mulai. Kemarin-kemarin tidak ada," ucapnya.

SuaraJabar.id - Jalanan di Bandung Raya diprediksi bakal dipadati oleh kendaraan wisatawan hingga tiga atau empat hari setelah Lebaran Idul Fitri 2022.

Dugaan itu tergambar dari kepadatan arus lalu lintas di Kota Bandung pada H+1 Lebaran yakni Selasa (3/5/2022). Banyak kendaraan wisatawan melintas di jalanan Bandung, terutama di jalur menuju kawasan wisata Lembang.

Kanit Lantas Polsek Cidadap, Iptu Firmansyah mengatakan, para wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, bus, angkutan umum, elf, dan roda dua. Tak sedikit dari mereka berasal dari luar Bandung Raya, yakni dengan plat F, Z, E, T, dan kebanyakannya berplat B.

"Diprediksi arus wisata ini padat sampai H+3 atau H+4 Lebaran," kata Firmansyah ketika ditemui di Terminal Ledeng, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Anti Macet, Daftar 5 Jalur Alternatif ke Wisata Puncak Bogor

Menurutnya, arus wisata mulai terpantau padat baru terjadi hari ini. Hal tersebut, kata Firmansyah, ditandai dengan peningkatan jumlah kendaraan yang siginifikan, yang melintas menuju Lembang.

"Kalau peningkatan itu belum ada titik kepadatan seperti hari ini. Ini untuk wisata ya, kepadatannya baru mulai. Kemarin-kemarin tidak ada," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, pihaknya memberlakukan buka tutup jalan di kawasan Sersan Bajuri dan Jalan Setiabudhi.

Pemberlakuan buka tutup jalan itu demi mengantisipasi kepadatan kendaraan, dan timbulnya kemacetan panjang.

"Jadi di atas (Lembang) kendaraan diarahkan ke sebelah kanan (arah Sersan Bajuri), karena dari arah Lembang itu sudah padat, supaya meringankan yang di atas. Dan setelah nanti clear, maka kami akan buka lagi dari jalur Selatan ke Utara (arah Lembang)," kata Firmansyah.

Tak hanya itu, sebelumnya, Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengakui adanya peningkatan volume kendaraan di kawasan wisata Lembang pada hari pertama Lebaran 2022.

Peningkatan itu mencapai 20 persen jika dibandingkan dengan hari pekan biasanya.

"Untuk peningkatan sudah sampai 20 persen tapi kebanyakan masih wisatawan lokal Bandung Raya. Besok baru kemungkinan wisatawan dari luar daerah berdatangan," ucap Sudirianto.

Lembang sendiri memiliki berbagai pilihan wisata untuk keluarga, seperti Farm House, The Great Asia Africa, Floating Market, dan lain-lain.

Namun, selain di Lembang, wisatawan juga bisa melintasi jalur Lembang ini ke destinasi wisata lainnya, misalnya Cikole, Tangkuban Parahu hingga Sari Ater, Subang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait