facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Debt Collector Rampas Sepeda Motor Nasabah hingga Bikin Anggota Ormas Geram, Perusahaan Finance Buka Suara

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 18 Mei 2022 | 11:07 WIB

Debt Collector Rampas Sepeda Motor Nasabah hingga Bikin Anggota Ormas Geram, Perusahaan Finance Buka Suara
Ormas di Tasikmalaya sweeping debt collector yang rampas motor secara arogan. [HR Online]

"Kita negara hukum berarti harus mematuhi aturan, ujarnya.

SuaraJabar.id - Aksi debt collector yang mengambil paksa sepeda motor milik nasabah di Tasikmalaya, Jawa Barat pada Minggu (15/5/2022) berbuntut panjang.

Sejumlah anggota ormas turun ke jalan untuk melakukan sweeping lantaran tak terima dengan ulah para debt collector (DC) itu.

Kekinian, pihak perusahaan Adira Finance Tasikmalaya mengaku tidak melakukan kerja sama dengan DC. Pihak perusahaan tidak memberi surat kuasa untuk mengambil motor milik konsumen tersebut.

“Jadi mereka massa dari gabungan ormas datang ke kantor Adira hanya ingin meyakinakan fakta hukumnya apakah ada kerja sama dengan DC tersebut,” ujar Jeni Tugistan, Kuasa Hukum Adira Finance, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Terpopuler: Anggota Ormas dan Perguruan Silat di Tasikmalaya Turun ke Jalan, Kota Bandung Dilanda Hujan-Angin Kencang

Pihak perusahaan finance pun telah menyerahkan bukti bahwa Adira tidak ada kerja sama dengan DC untuk merampas atau menarik paksa motor konsumen.

“Jadi apabila mau melaporkan ke pihak kepolisian itu hak konsumen. Itu tindakan hukum arif dan bijaksana. Kita negara hukum berarti harus mematuhi aturan,” ujarnya.

Pihak perusahaan finance pun bersedia untuk menjadi saksi dalam kasus tersebut. Ia pun membenarkan bahwa motor yang dirampas oleh DC tersebut adalah konsumen Adira. Namun menegaskan tidak memberi kuasa kepada DC untuk menarik motor konsumen.

Jeni pun mengakui angsuran konsumen tersebut macet. Pihak perusahaan juga melakukan penagihan kepada konsumen sesuai prosedur. Dari melakukan somasi satu sampai tiga dan kunjungan. Pihaknya pun telah memberikan bukti angsuran macet kepada ormas tersebut.

“Sekali lagi kami tidak menyuruh DC untuk menarik motor konsumen. Malahan kami juga melakukan relaksasi kepada konsumen tersebut untuk melakukan membayar kewajibannya terhadap Adira,” pungkasnya.

Baca Juga: Seorang Janda Ditemukan Tewas di Tempat Salat, Polsek Tasikmalaya: Ada Dugaan Pembunuhan

Sebelumnya, Oknum DC di Kota Tasikmalaya kembali berulah. Kali ini mereka rampas motor warga secara arogan. Lokasinya di Jalan Sutisna Senjaya, tepatnya di Depan Bank Mandiri, Kota Tasikmalaya, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait