Pembunuhan Purnawirawan TNI AL, Pelaku dan Korban Jemaah Satu Gereja

Chandra Iswinarno
Pembunuhan Purnawirawan TNI AL, Pelaku dan Korban Jemaah Satu Gereja
Pelaku pembunuhan purnawirawan TNI AL, BS alias Udin melakukan prarekonstruksi di rumah korban. [Suara.com/Supriyadi]

Kali pertama ayahnya mengajak Udin bekerja di rumahnya, karena merasa kasihan kepada pelaku yang kala itu bekerja sebagai pemulung dan kebetulan jemaah satu gereja.

Suara.com - Anak kandung Kolonel (purn) Reinhard Parerungan, Paul Alexander Dwiyanto tak menyangka hidup sang ayah berakhir di tangan BS alias Udin yang pernah bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah tersebut.

Paul Alexander mengungkapkan selama bekerja di rumah orangtuanya, Udin sudah dianggap seperti anaknya sendiri oleh mendiang Reinhard. Bahkan, kata Paul, pelaku dibelikan motor dan dikontrakan rumah.

"Bapak tuh sangat sayang sama dia (Udin) dan sudah dianggap sebagai anak. Bapak sudah beliin motor dan mengontrakan Udin," kata Paul Alexander katanya di kediamannya di Kelurahan Grogol Kecamatan Limo, Selasa (2/7/2019).

Dikemukakan Paul, kali pertama ayahnya mengajak Udin bekerja di rumahnya, karena merasa kasihan kepada pelaku yang kala itu bekerja sebagai pemulung dan kebetulan jemaah satu gereja.

Akhirnya, Reinhard mempekerjakan pelaku di rumah sebagai pembantu rumah tangga yang bertugas membersihkan rumah, merawat tanaman, dan memberikan makan hewan peliharaan.

"Bapak temukan dan memperkerjakan Udin pertama kali karena kasihan dan waktu itu Udin sebagai pemulung di daerah Jakarta," jelasnya.

Meski begitu, Paul mengaku menyerahkan semuanya sesuai dengan proses hukum yang berlaku.

"Harapan keluarga, terhadap tersangka ini diproses secara hukum. Kami sudah memaafkan pelaku, semua orang meninggal degan cara masing-masing, biar hukum yang berjalan," katanya.

Paul Alexander menambahkan, mendiang bapaknya akan dimakamkan pada tanggal 5 Juli di Taman Bahagia, Cileduk. Sekarang ini sambungnya, jasad almarhum masih di rumah sakit untuk divisum.

"Dimakamkan tanggal 5 juli sekarang masih divisum," kata dia.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS