facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puluhan Bandit Jalanan Kota Bandung Tak Lagi Bisa Beraksi

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 11 Desember 2020 | 16:43 WIB

Puluhan Bandit Jalanan Kota Bandung Tak Lagi Bisa Beraksi
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menunjukan barang bukti yang disita dari para pelaku kejahatan, Jumat (11/12/2020).

Kebanyakan, mereka beraksi di malam hari menjelang dini hari.

SuaraJabar.id - Jajaran Polsek di wilayah hukum Polrestabes Bandung menangkap puluhan orang pelaku kejahatan. Mereka diduga sebagai aktor yang kerap melakukan teror di jalanan Kota Bandung, terutama di malam hari.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, para pelaku kejahatan ini diamankan pada medio pertengahan November hingga awal Desember 2020 ini.

Mereka yang diamankan terlibat dalam kasus pencurian disertai kekerasan, pencurian disertai pemberatan, serta pencurian sepeda motor.

"Ada 20 orang pelaku kejahatan yang berhasil jajaran amankan," Kata Ulung di Mapolrestabes, Jumat (11/12/2020).

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Dipatiukur

Dari beberapa pelaku yang diamankan, ada yang selalu membekali diri dengan senjata tajam ketika beraksi.

Mayoritas dari pelaku kerap kali memilih malam hari sebagai waktu operasional mereka.

"Kebanyakan, mereka beraksi di malam hari menjelang dini hari," kata Ulung.

Pada ungkap kasus ini, Ulung menyebut jajarannya telah berhasil mengungkap 14 kasus tindak kejahatan. Beberapa barang bukti yang diamankan diantaranya beberapa senjata tajam, 10 sepeda motor hasil curian, serta beberapa ponsel dan juga perhiasan hasil pencurian.

Untuk masing-masing pelaku dikenakan pasal yang diterapkan itu yakni Pasal 363 KUHP Pencurian dengan pemberatan diancam dengan pidana penjara paling lama 5 tahun.

Baca Juga: Kota Bandung Segera Berlakukan PSBB Proporsional

Kemudian, pasal 365 KUHP Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman Maksimal 9 tahun penjara. Lalu Pasal 2 (1) UU Darurat No. 12 tahun 1951 Bawa sajam tanpa izin dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait