alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cuma Tiga Menit, Mobil Dinas Milik Pemerintah Desa di Tasik Digondol Maling

Chandra Iswinarno Rabu, 28 April 2021 | 13:44 WIB

Cuma Tiga Menit, Mobil Dinas Milik Pemerintah Desa di Tasik Digondol Maling
Seorang pencuri kendaraan Dinas Pemdes Sukarame Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya terrekam CCTV saat menjalankan aksinya Senin (26/4/2021) dini hari, sekitar pul 04.15 WIB. [Kapol.id]

Kawanan maling yang berjumlah dua orang, hanya butuh waktu tiga menit untuk membawa kabur kendaraan operasional Pemerintah Desa (Pemdes) Sukarame di Kabupaten Tasikmalaya.

SuaraJabar.id - Aksi pencurian kendaraan bermotor yang satu ini memang cukup menarik. Kawanan maling yang berjumlah dua orang, hanya butuh waktu tiga menit untuk membawa kabur kendaraan operasional Pemerintah Desa (Pemdes) Sukarame di Kabupaten Tasikmalaya pada Senin (26/4/2021) dini hari.

Proses pencurian mobil dinas tersebut terrekam melalui CCTV yang terpasang di Kantor Kepala Desa Sukarame.

Plh Kepala Desa Sukarame Dana Sutisna mengungkapkan, mobil Suzuki Futura tahun 2017 yang digunakan sebagai operasional tersebut setiap malam memang terparkir di halaman kantor desa dan biasanya ada piket yang berjaga sepanjang malam.

“Di luar bulan puasa, biasanya piket malam bertugas sampai subuh, bahkan sampai jam enam pagi. Kalau bulan puasa, kebetulan ada kegiatan makan sahur, jadi yang piket pulang jam 03.00 WIB,” katanya seperti dilansir Kapol.id-jaringan Suara.com pada Rabu (28/4/2021).

Namun saat piket pulang, tidak ada kecurigaan walau mobil tidak terliha di parkiran. Pihaknya baru menyadari hilangnya mobil tesebut, setelah mengonfirmasi keberadaan kunci kepada setiap sopir yang biasa mengendarai kendaraan dinas itu.

“Baru malam harinya ketahuan, gitu. Kita tanyakan kuncinya kepada sopir yang biasa pakai mobil itu, katanya ada. Ditanyakan lagi kepada yang satu lagi, jawabannya sama; ternyata kuncinya ada,” lanjutnya.

Baca Juga: Nyambi Edarkan Uang Palsu, Tukang Es Terancam Dipenjara Seumur Hidup

Saat pemdes mengecek CCTV terlihat bahwa mobil tersebut memang dicuri. Mengetahui hal tersebut, pihaknya kemudian berkoordinasi dan segera dilakukan dengan pihak kepolisian dan Koramil.

Kapolsek Sukarame Ipda Hajar Sutiar, usai menyaksikan rekaman CCTV, mengungkapkan, jika kedua pencuri berbagi peran dengan sangat matang. Bahkan patut diduga keduanya sudah sangat hafal dengan situasi dan kondisi lingkungan.

“Posisinya, satu orang memarkir motor di depan (kantor kepala desa). Sementara satu orang lainnya masuk dengan cara meloncati pagar bagian samping. Kalau melihat CCTV, kejadiannya itu sekitar pukul 04.15,” terang Hajar.

Untuk penanganannya, Polsek Sukarame berkoordinasi dengan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tasikmalaya. Mengingat Polsek Sukarame kini tidak lagi memiliki kewenangan penyidikan. Sejauh ini belum ada yang dapat dicurigai sebagai pelaku, baik warga sekitar atau lainnya. Karena sekalipun terekam CCTV, wajah pencuri tidak tampak begitu jelas.

Namun dari ciri fisiknya, kata Hajar, pencuri itu hampir mirip dengan pencuri mobil dinas Desa Sukamulya. Karena itu, Hajar mewanti-wanti agar masyarakat terus waspada dan hati-hati.

Baca Juga: Sakti, Tukang Es Krim Edarkan Uang Palsu Sambil Jualan di Tasikmalaya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait